10 Negara dengan Utang Terendah di dunia, 4 Negara dari Dunia Arab

9410

Moslemtoday.com : Arab Saudi menempati urutan pertama di dunia Arab dalam hal negara-negara yang paling sedikit memiliki hutang, yang berarti bahwa Arab Saudi adalah negara Arab terbaik dalam hal tingkat hutang publik dan juga di antara negara-negara terbaik di dunia dalam hal hutang dan mengungguli banyak ekonomi utama dan penting di dunia.

Sepuluh negara teratas Bank Dunia dalam hal hutang publik mencakup empat negara Arab, yang terbaik adalah Arab Saudi, Kuwait, UEA dan Al-Jazair.

Rendahnya tingkat hutang publik di negara manapun merupakan indikator penting dari kualitas situasi ekonomi, karena hutang publik menyebabkan beban suatu negara untuk membayar hutang, dan biasanya diukur dalam kaitannya dengan PDB (Produk Domestik Bruto) suatu negara.

Berikut ini adalah 10 negara dengan tingkat kinerja paling rendah dari hutang publik dunia:

Pertama: Hong Kong, utang publik negara itu adalah 0,1% dari PDB negara tersebut.
Kedua: Brunei Darussalam,. Sejak merdeka, negara ini bergantung pada ekspor minyak dan gas bumi. Brunei telah menjadi independen terhadap Inggris pada tahun 1984, sementara hutang publiknya adalah 3,1% dari PDB.

Ketiga: Estonia, melalui reformasi ekonomi dan tren pasar terbuka setelah kemerdekaannya dari Rusia, hutang publik hanya 9,5% dari PDB.

Keempat : Arab Saudi, menjadi salah satu negara terbaik di dunia dalam hal tingkat hutang publik, telah berhasil mempertahankan tingkat rendah meskipun harga minyak turun dan hutang publik hanya 12,4% dari PDB Kerajaan.

Kelima, Botswana, sebuah negara kecil di Afrika Selatan, adalah sebuah kisah sukses. Dari tahun 1966 sampai 1999 berhasil mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata 9% dan rasio utang publiknya adalah 13,9% dari PDB.

Keenam: Rusia, utang publiknya adalah 17% dari PDB-nya.

Ketujuh: Kuwait, yang kedua di dunia Arab setelah Arab Saudi, dan salah satu ekonomi Arab terbaik, dan hutang publik Kuwait adalah 18,6% dari PDB negara tersebut.

Kedelapan: Nigeria, dengan hutang publik 18,6% dari produk domestik bruto.

Kesembilan: UEA, yang memiliki dana kekayaan kedaulatan dengan nilai aset lebih dari $ 1,3 triliun, adalah salah satu ekonomi Arab yang paling kuat, dan hutang publiknya adalah 19,3% dari PDB.

Kesepuluh: Aljazair, negara dunia Arab keempat dan kesepuluh secara global, dan hutang publiknya adalah 20,4% dari PDB negara tersebut.

Sumber : Al Arabiya
Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here