10 Negara yang Sudah Membatalkan Keberangkatan Haji 2020

386

Moslemtoday.com : Hingga saat ini, setidaknya 10 negara telah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2020 ke Arab Saudi. Ke sepuluh negara itu adalah Indonesia, Mesir, Singapura, India, Brunei, Malaysia, Afrika Selatan, Uzbekistan, Thailand dan Kamboja.

Ada enam negara yang memilih untuk tidak mengambil bagian dalam haji tahun ini adalah tiga negara mayoritas Muslim yakni :Indonesia, Malaysia dan Brunei. Tiga lainnya adalah negara dengan populasi Muslim kecil, yakni : Singapura, Thailand dan Kamboja, seperti dilansir dari Dhakatribune, Senin, (15/6/2020).

Akun Twitter resmi Kemenag RI juga turut mengkonfirmasi beberapa negara yang ikut membatalkan kegiatan haji 2020.

“Selain Indonesia, sejumlah negara telah mengumumkan pembatalan keberangkatan jemaahnya pada penyenggaraan ibadah haji 1441H/2020M. Negara tersebut antara lain: Mesir, Singapura, India, Brunei Darussalam, dan Malaysia,” ungkap Kemenag RI.

Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan (SAHUC) juga telah mengumumkan bahwa warga Muslim dari Afrika Selatan juga tidak diizinkan untuk melaksanakan haji tahun ini karena pandemi Covid-19. Pemerintah Uzbekistan juga mengumumkan hal yang sama.

Sementara itu, Pemerintah Arab Saudi diperkirakan akan mengambil keputusan mengenai Haji dalam minggu ini. Seperti dikutip dari Dhakatribune, Saudi sedang mempertimbangkan beberapa opsi, termasuk : pembatalan haji, pembatasan jumlah jemaah atau delegasi yang sangat terbatas dari seluruh dunia sambil melihat bagaimana perkembangan virus corona beberapa hari mendatang. (DH/MTD)

Sumber : Dhakatribue, Iol.co.za, kun.uz  | Redaktur : Hermanto Deli

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here