16 masjid dibuldoser di Myanmar

Pembakaran masjid itu dilakukan sejak akhir November sampai awal Desember

655
Seorang pria Muslim berwudhu di Masjid Arakan di Yangon, Myanmar pada tanggal 26 Oktober 2015. Islam adalah agama yang dipraktikkan oleh oleh 4% populasi, menurut statistik resmi Myanmar. Angka ini diperdebatkan oleh Asosiasi Muslim Burma yang percaya bahwa antara 8 dan 12 persen. (GUellaume Payen - Anadolu Agency)

Moslemtoday.com : Pihak otoritas wilayah Maungdaw di provinsi Arakan, Myanmar menghancurkan 16 masjid dengan buldoser.

Menurut berita yang dilansir oleh “Weekly English News”, pihak otoritas daerah telah menghancurkan 16 dari 17 masjid yang ada di Maungdaw dalam sepekan pada akhir bulan November dan awal Desember.

Penduduk desa mengatakan bahwa setelah rumah penduduk, otoritas daerah juga menyerang tempat suci mereka dan pemerintah Myanmar tidak melakukan apa pun untuk mencegah penghancuran tersebut.

Bahkan satu masjid yang tersisa di daerah tersebut juga akan diruntuhkan.

Pada tanggal 7 Desember terjadi kebakaran yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah pengungsian Muslim Arakan di Pakto. Tidak ada informasi terkait korban jiwa atau luka-luka.

Tentara Myanmar membakar 4 rumah milik Muslim Arakan di desa Napura.

Berita tersebut menyebutkan bahwa barang-barang milik Muslim Arakan yang lari dari kekerasan tentara dicuri dan dijual di pasar dan diterangkan juga anak-anak di pengungsian tidak dapat bersekolah.

Seorang gadis di pengungsian Balukhali di Bangladesh tewas akibat kekurangan gizi pada tanggal 8 Desember.

Sumber : Anadolu Agency

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here