3 Negara di Dunia yang Menggunakan Bendera Berlafadz Allah

130

Moslemtoday.com : Terdapat sedikitnya tiga bendera berlafadz Allah yang dimiliki negara-negara di dunia. Tentu semuanya adalah negara Islam . Pada perkembangannya, Islam menjadi salah satu agama dengan penganut terbesar di dunia.

Selain itu, cukup banyak juga negara-negara di dunia yang menyatakan dirinya dengan jelas sebagai negara berasaskan Islam. Dari sekian banyak negara Islam, beberapa di antaranya diketahui turut menyematkan lafadz Allah di bendera negaranya.

Siapa sajakah mereka? Berikut tiga negara di dunia yang menggunakan bendera berlafadz Allah.

1. Irak

Irak merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Barat. Dengan ibukota di Baghdad, negara ini berbatasan dengan Iran di timur, Suriah di barat, Yordania di barat daya, Arab Saudi di selatan, Kuwait di tenggara, serta Turki di bagian utara. Dalam salah satu identitasnya, Irak memiliki sebuah bendera dengan selipan kalimat Allahu Akbar.

Mengutip Britannica, Senin (2/01/2023), penyematan bendera tersebut memiliki sejarah panjang dalam pemilihannya. Sempat silih berganti, sekitar tahun 1959 Irak menentukan bendera dengan garis-garis vertikal berwarna hitam-putih-hijau.

Kemudian, pada 31 Juli 1963 berganti kembali diganti dengan versi Bendera Pembebasan Arab. Garis horizontal berwarna merah-putih-hitam ini memiliki makna, yakni merah sebagai kesediaan menumpahkan darah, hitam untuk pertempuran, dan putih untuk kemurnian.

Selain itu, mereka juga mengadopsi 3 bintang hijau yang berarti keinginan untuk menyatukan Irak dengan Suriah dan Mesir. Namun, pada 14 Januari 1991, bendera tersebut dimodifikasi atas perintah Saddam Hussein.

Dalam hal ini, dia memerintahkan untuk menambahkan tulisan arab berupa kalimat “Allahu Akbar” di antara 3 bintang di bendera Irak. Adapun hal tersebut dimaksudkan sebagai pencerminan terkait komitmen Islam.

2. Iran

Berikutnya ada Iran. Negara di kawasan Asia Barat ini juga memiliki bendera yang memiliki selipan lafadz Allah. Mengutip National Geographic, bendera Iran baik versi nasional maupun versi pra-revolusioner sama-sama berbagi garis horizontal berwarna hijau, putih dan merah.

Warna hijau diyakini sebagai favorit nabi Muhammad Saw serta mewakili Islam, kemudian putih mewakili kebebasan, dan merah berarti keberanian, api, dan serta cinta. Kemudian, terdapat motif tulip di tengah bendera yang menggantikan lambang Singa dan Matahari atau Shir o Khorshid.

Tulip tersebut terdiri dari 4 kelopak berbentuk bulan sabit dan satu batang yang membentuk kata Allah serta melambangkan lima rukun Islam. Selain itu, hadir juga tulisan Arab bergaya dengan kalimat Allahu Akbar di bagian bawah garis hijau dan bagian atas garis merah bendera Iran.

3. Arab Saudi

Sama halnya dengan Irak dan Iran, Arab Saudi juga memiliki bendera berlafadz Allah. Mengutip FlagsWorld, bendera negara ini hanya terdiri dari dua warna, yakni hijau dan putih. Warna hijau digunakan secara dominan, sementara warna putih hanya sebagian. Dalam artinya, hijau digunakan banyak negara Islam karena dirasa memiliki hubungan.

Sementara putih digunakan untuk menulis huruf arab dan simbol pedang. Bendera tersebut telah digunakan Arab Saudi sejak 15 Maret 1973. Adapun untuk tulisan yang tertera dalam bendera tersebut adalah kalimat “Laa ilaha illallah muhammadur rasulullah” yang berarti “Tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah”.

Sumber : Sindonews.com | Weblink : https://international.sindonews.com/read/985405/43/3-negara-di-dunia-yang-menggunakan-bendera-berlafadz-allah-1672653707

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here