30 Ribu Pengungsi Rohingya Terjebak Tanpa Makanan di Pegunungan Dekat Perbatasan Bangladesh

986

Moslemtoday.com :  Puluhan ribu pengungsi Rohingya terjebak di perbatasan ke Bangladesh tanpa suplai makanan dan obat-obatan di tengah upaya untuk melarikan diri dari operasi militer Myanmar.

Dituturkan sejumlah aktivis HAM setempat, seperti dilansir CNN, Selasa, (5/9/2017), sedikitnya 30 ribu warga Rohingya terjebak di area perbukitan Rakhine bagian utara, setelah melarikan diri dari konflik.

Para aktivis menyebut, puluhan ribu warga Rohingya yang terjebak itu tidak mendapat suplai makanan, minuman juga obat-obatan.

Warga Rohingya yang terjebak ini tidak mampu menyeberangi Sungai Naf, untuk mengungsi ke wilayah Bangladesh. Di sisi lain, mereka terlalu takut untuk pulang ke desa mereka yang menjadi lokasi konflik.

Para pengungsi Rohingya ini dilaporkan terjebak di area perbukitan antara Maungdaw dengan Rathedaung, yang sama-sama ada di Rakhine.

Video-video yang didapatkan CNN dari para aktivis menunjukkan, puluhan pria, wanita dan anak-anak telantar di sebuah pegunungan yang dikelilingi hutan lebat. Mereka tinggal di gubuk-gubuk tak permanen, yang terbuat dari tongkat dan kain seprai.

“Nyawa manusia merupakan hal paling rentan yang harus diselamatkan segera tanpa penundaan,” ucap Direktur Eksekutif Burma Human Rights Network, Kyaw Win, dalam pernyataannya. (DH/MTD)

Sumber : CNN

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here