57 Warganya Tewas, PM Kanada Tuntut Tanggung Jawab Iran

160

Moslemtoday.com : Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau suaranya terdengar serak saat memberikan pidato pada upacara peringatan bagi para korban kecelakaan pesawat Ukraina Airlines PS752 yang menewaskan 57 warga negara Kanada.

“Kamu mungkin merasa kesepian yang tak tertahankan, tetapi kamu tidak sendirian. Seluruh negara mendukung Anda, malam ini, besok, dan di tahun-tahun mendatang,” kata Trudeau kepada 2.300 hadirin yang berdiri di 2.300 di lapangan bola basket di Edmonton, Universitas Alberta, Kanada, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (13/1/2020).

Saat Trudeau berbicara, kotak-kotak tisu disebarkan di antara para pelayat. Foto-foto korban berbingkai hitam berdiri di atas panggung, di samping aransemen kelopak mawar, lilin, dan piring-piring kurma.

Trudeau menegaskan akan menuntut keadilan dan tanggung jawab dari Iran.

“Tragedi ini seharusnya tidak pernah terjadi, dan saya ingin meyakinkan Anda bahwa Anda memiliki dukungan penuh saya selama masa yang sangat sulit ini. Anda memberi kami tujuan untuk mengejar keadilan dan tanggung jawab,” kata Trudeau.

“Kami tidak akan beristirahat sampai ada jawaban dari Iran,” tambah Trudeau.

Iran mengaku menembak jatuh pesawat Ukraina pada hari Rabu, yang menewaskan 176 orang. 57 orang di antaranya adalah warga negara Kanada, sebagian besar korban adalah warga Iran. Ini merupakan bencana terbesar dalam hidup yang diderita Kanada dalam 40 tahun terakhir. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here