59 Orang Tewas dalam Longsoran Badai Salju di Kashmir, Pakistan

51

Moslemtoday.com : Sebanyak 59 orang dilaporkan tewas dan masih banyak yang lainnya hilang dalam longsoran badai salju di wilayah Kashmir Pakistan selama 24 jam terakhir. Dua pejabat Pakistan mengatakan banyak warga desa masih terlantar di Lembah Neelum setelah badai salju yang juga memicu tanah longsor.

“Banyak orang dilaporkan hilang dan dikhawatirkan mati ketika upaya penyelamatan sedang berlangsung. 53 rumah hancur total di Azad Jammu dan Kashmir (AJK),” kata salah satu pejabat, seperti dilansir dari Reuters, Rabu, (15/1/2020).

Sementara itu, Perdana Menteri Imran Khan telah meminta Otoritas Manajemen Bencana Nasional, militer dan semua menteri federal untuk segera memberikan semua bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang terkena dampak di AJK.

Daerah itu adalah salah satu perbatasan dunia yang paling tegang secara militer, di mana pasukan tetangga telah berhadapan satu sama lain mengenai wilayah yang disengketakan selama beberapa dekade. Kashmir telah dibagi antara India dan Pakistan sejak kemerdekaan mereka pada tahun 1947.

Hujan badai salju juga melanda wilayah Balochistan, Pakistan Barat dan menghancurkan beberapa rumah di wilayah pegunungan itu yang menewaskan 17 orang.

Pakistan mengumumkan keadaan darurat di tujuh distrik provinsinya. Jalan raya utama yang menghubungkan Pakistan dan Afghanistan diblokir karena salju lebat, memaksa para pejabat untuk menangguhkan transportasi barang-barang penting ke Afghanistan. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here