8 Jet Tempur F-16 Rusak Parah Karena Banjir, Angkatan Udara Israel Mengaku Lalai

139

Moslemtoday.com :  Angkatan Udara Israel (IAF/Israeli Air Force) mengakui telah melakukan kesalahan karena tidak memindahkan sejumlah jet tempur dari hanggar bawah tanah saat hujan badai yang menyebabkan banjir bandang pekan lalu di Pangkalan Udara Hatzor di Israel selatan. Akibatnya delapan jet temput F-16 mengalami kerusakan parah.

“Adalah suatu kesalahan untuk tidak mengosongkan hanggar bawah tanah. Pesawat-pesawat ini diharapkan mampu kembali beroperasi dalam waktu kurang dari seminggu. Perbaikan akan membutuhkan biaya yang mahal,” kata perwira angkatan udara, yang tidak bersedia namanya disebutkan, seperti dilansir dari Times of Israel, Selasa, (14/1/2020).

Badan Sensor militer pada awalnya melarang outlet media untuk melaporkan insiden tersebut, menarik kritik bahwa hal itu dilakukan bukan untuk mencegah kerusakan pada keamanan nasional tetapi untuk menutupi insiden memalukan bagi angkatan udara.

Petugas mencatat bahwa tindakan pencegahan yang memadai telah diambil di pangkalan udara itu dan tidak ada peralatan lain yang rusak karena badai. “Sampai jam 5 pagi, landasan masih kering. Dari jam 5 pagi sampai 5:30 pagi, sekitar 50.000 meter kubik (13 juta galon) air membanjiri pangkalan,” kata petugas tersebut. mua akan kembali ke layanan,” kata petugas itu.

Seorang juru bicara Pasukan Pertahanan Israel mengatakan militer belum tahu persis berapa biaya untuk memperbaiki pesawat. Perkiraan awal berkisar dari jutaan hingga puluhan juta shekel. (DH/MTD)

Sumber : Times Of Israel | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here