Acuhkan Perintah Khamenei, Ahmadinejad Maju sebagai Capres Iran

2286

Moslemtoday.com : Mantan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad membuat sebuah langkah yang cukup mengejutkan. Ahmadinejad tiba-tiba mengumumkan dia telah mendaftarkan diri sebagai calon Presiden Iran.

Langkah Ahmadinejad ini bisa terbilang mengejutkan, karena pada September tahun lalu dia mengatakan tidak akan mencalonkan diri sebagai Presiden Iran. Keputusan Ahmadinejad kala itu datang setelah dia melakukan pertemuan dengan pemimpin tertinggi spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Demikian sebagaimana dilansir dari Nytimes, Rabu, (12/4/2017)

Sejumlah pihak di Iran menyebut apa yang dilakukan Ahmadinejad ini adalah sebuah langkah yang sangat berani, dan hal ini disebut-sebut sebagai bentuk perlawanan terhadap Khamenei.

Ahmadinejad sendiri sudah dua kali menjabat sebagai Presiden Iran. Ia pertama kali terpilih sebagai Presiden pada tahun 2005. Tahun 2009 dia kembali menang dalam pemilu Iran. Namun, kemenangan itu dianggap kontroversial, yang memicu protes terbesar di Iran dan memancing tindakan keras aparat keamanan, di mana beberapa orang tewas dan ratusan lainnya ditangkap.

Iran dijadwalkan menggelar pemilu pada 12 Mei mendatang. Pendaftaran untuk capres dan cawapres telah dibuka oleh Badan Pemilu Iran sejak Senin lalu, dan akan ditutup pada Jumat mendatang. (DH/MTD)

Sumber : The New York Times

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here