Ahmadinejad Kecam Keras Ayatollah Ali Khamenei

1481

Moslemtoday.com : Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengecam keras Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei dan membandingkannya dengan mantan Shah Iran, yang digulingkan dalam Revolusi 1979 di negara tersebut.

“Posisi kekuasaan di pemerintahan Iran tidak diwarisi oleh kelompok tertentu. Revolusi Iran tidak lahir untuk mengganti keluarga satu dengan keluarga lainnya,” ungkap Ahmadinejad mengkritik dominasi penuh Ali Khamenei, keluarganya dan pengikutnya dalam pemerintahan Iran. Demikian seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (15/8/2017).

Hubungan antara Khamenei dan Ahmadinejad memburuk menjelang pemilihan presiden yang diadakan lebih dari sebulan yang lalu. Ali Khamenei meminta Ahmedinejad untuk mundur dari pencalonan presiden di negara tersebut. Kemudian Dewan Wali melalui permintaan Khamenei, mendiskualifikasi pencalonan Ahmadinejad dengan dalih tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri kembali dalam pemilihan presiden.

Setelah meningkatnya ketegangan dengan Ahmadinejad, Otoritas Kehakiman di bawah pengaruh Ali Khamenei menahan sekutu mantan presiden Ahmadinejad, Hamid Baghei selama beberapa hari dan telah membebaskannya akhir bulan lalu.

Rezim Khamenei juga menahan Abdelraza Daouri, mantan penasihat media Ahmadinejad, karena ucapan “ofensif” melalui akun Facebook-nya. Untuk ‘kejahatan’ ini, Daouri dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here