Akhiri Mandat Pemantau Internasional di Hebron, OKI Kutuk Israel

42
Sertifikasi Halal Produk Industri akan Dikoordinasikan oleh OKI

Moslemtoday.com : Organisasi Kerjasama Islam (OKI mengutuk keputusan Israel yang mengakhiri mandat pemantau internasional di kota Hebron, Tepi Barat.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok pan-Muslim tersebut mengatakan bahwa keputusan Israel adalah “pelanggaran terhadap perjanjian internasional”, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Ahad, (3/2/2019).

Sebelumnya PM Israel Benjamin Netanyahu mengumumkan bahwa Israel tidak akan memperbaharui mandat Pemantau Internasional Sementara di Hebron (TIPH), yang pertama kali dikirim ke Hebron pada tahun 1994.

OKI meminta masyarakat internasional untuk menjaga mandat TIPH dan memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina untuk “membatasi pelanggaran dan agresi Israel”.

TIPH  terdiri dari 64 pengamat internasional dari Norwegia, Denmark, Swedia, Swiss, Italia dan Turki. TIPH didirikan oleh Resolusi Dewan Keamanan PBB 904.

Resolusi itu diadopsi setelah pembantaian Masjid Ibrahimi 1994 di Hebron, ketika ekstremis Yahudi Baruch Goldstein menembak mati 29 jemaah Palestina.

Hebron saat ini adalah rumah bagi sekitar 160.000 Muslim Palestina dan sekitar 500 pemukim Yahudi. Yang terakhir tinggal di serangkaian kantong khusus Yahudi yang dijaga ketat oleh pasukan Israel. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here