Aksi “Great March of Return” di Jalur Gaza, 7 Warga Palestina Tewas, 500 Lainnya Luka-luka Ditembak Militer Israel

486

Moslemtoday.com : Warga Palestina di Jalur Gaza memperingatai “Aksi The Great March of Return”, aksi ini adalah acara tahunan yang diadakan warga Gaza untuk memperingati “Hari Tanah Palestina” setiap tanggal 30 Maret. Peringatan ini merupakan peristiwa penting bagi warga Gaza untuk menandai peristiwa pada tanggal tersebut pada tahun 1976 dimana Israel mengambil alih ribuan tanah milik Palestina dan mengusir warga Gaza dari tanah tersebut.

Ribuan warga Palestina ambil bagian dari aksi tersebut yang menyebabkan terjadinya bentrokan berdarah dengan pasukan Israel, di mana setidaknya tujuh orang Palestina telah tewas dan sekitar 500 orang lainnya dalam kondisi luka-luka, seperti dilansir dari Daily Sabah, Jumat, (30/3/18).

Kementerian Kesehatan Palestina dalam laporannya mengatakan para korban yang tewas terkena peluru tajam dan pelet baja berlapis karet, sementara ratusan lainnya dihujani oleh gas air mata oleh militer Israel.

Setidaknya 10.000 warga Gaza berkumpul di tempat aksi di sepanjang perbatasan Jalur Gaza yang berbatasan langsung dengan wilayah Israel yang dijaga ketat oleh pasukan militer dan pagar kawat berduri. Tank dan penembak jitu Israel diletakkan di sisi perbatasan dengan perlengkapan gas air mata dan senjata api untuk memaksa para peserta aksi membubarkan diri.

Juru Bicara Aksi, Ahmed Abu Irtema di Gaza mengatakan bahwa Israel memasang pagar kawat berduri tersebut untuk menakut-nakuti para pengunjuk rasa dan persiapan Israel untuk menghadapi gelombang aksi tersebut.

“Mereka berusaha untuk menakut-nakuti kami. Namun kami adalah orang yang gigih, kami tidak akan terpengaruh oleh propaganda Israel ini. Kami akan tetap melanjutkan aksi kami,” ujar Ahmed Abu Irtema. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here