Aksi Protes anti-Rezim di Iran, Trump Sindir Rouhani : “Dunia sedang menontonmu!!”

823

Moslemtoday.com : Presiden AS Donald Trump menyindir Rouhani atas aksi penangkapan para pemrotes dalam aksi demonstrasi menentang Rezim Iran. Trump mengatakan bahwa “dunia sedang menonton” perlakuan rezim Iran terhadap rakyatnya.

Pecahnya kerusuhan tersebut mencerminkan ketidakpuasan yang meningkat atas kemiskinan, kelaparan, harga kebutuhan meningkat tajam, kasus korupsi yang dilakukan rezim, serta campur tangan rezim-Iran di dunia Arab yang memicu konflik regional, seperti : konflik di Suriah dan Irak.

Polisi membubarkan paksa aksi demonstran anti-Rezim dan menangkap 52 orang di kota Masyhad. Aksi demonstrasi dengan cepat menyebar ke belasan kota Iran yang lain, termasuk : Qom, Ahvaz, Isfahan, Zahedan, Qazvin, Kermanshah, Quchan, Sari, Qaemshahr, Rasht, Hamedan dan Sabzevar.

“Banyak laporan demonstrasi damai oleh warga Iran yang bosan dengan korupsi rezim dan pemborosan kekayaan negara tersebut untuk mendanai terorisme di luar negeri. Pemerintah Iran harus menghormati hak rakyat mereka, termasuk hak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Dunia sedang menonton!!, ungkap Trump, seperti dilansir dari Daily Sabah, Sabtu, (30/12/17).

Trump telah berulang kali membidik Iran, mencela pemerintahannya dengan sebutan “rezim fanatik”. Trump juga mengatakan bahwa Iran telah melanggar sebuah kesepakatan internasional yang bertujuan untuk membatasi program nuklir Teheran dan menolak mematuhi kesepakatan tersebut.

“Amerika Serikat dengan keras mengecam penangkapan para pemrotes yang damai. Kami mendesak semua negara untuk secara terbuka mendukung rakyat Iran dan tuntutan mereka akan hak-hak dasar dan penyeleseaian skandal korupsi rezim,” bunyi sebuah pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS. (DH/MTD)

Sumber : Daily Sabah, Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2017) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here