Aksi Protes Rakyat Meletus di Iran: Tuntut Ayatollah Khamenei dan Hassan Rouhani Mundur

2595

Moslemtoday.com : Aksi protes meletus di seluruh Iran dan menuntut Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani lengser. Aksi protes meletus tak lama setelah Rezim Iran mengumumkan telah menjatuhkan pesawat jet penumpang Ukraina dan menewaskan seluruh penumpangnya yang sebagian besar warga Iran. Rezim Iran mengaku menyesal dan meminta maaf.

“Mereka berbohong bahwa musuh kita adalah Amerika, musuh kita ada di sini,” kata para pengunjuk rasa yang berkumpul di jalan-jalan Teheran sambil meneriakkan “Kematian untuk para diktator,” seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (13/1/2020).

Bentrokan dilaporkan terjadi antara pemrotes dan pasukan keamanan di ibukota Iran, Teheran, sementara para pemrotes meneriakkan slogan-slogan yang ditujukan kepada Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, Hassan Rouhani dan Garda Revolusi.

Pasukan IRGC mengancam para pemrotes dalam menanggapi gelombang baru demonstrasi anti-rezim. Ali Shirazi, wakil Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei menggambarkan aksi protes ini sebagai rencana AS dan Israel.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump memperingatkan Iran agar tidak membunuh para demonstran. “Kepada para pemimpin Iran – Jangan membunuh rakyat anda,” kata Trump sambil memperingatkan bahwa dunia dan yang lebih penting AS mengawasi rezim Iran. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here