Al Jazeera : Blokade Saudi Telah Mendorong Qatar untuk Lebih Dekat dengan Iran

1765
Ilustrasi. Kantor berita Al Jazeera

Moslemtoday.com : Langkah Arab Saudi dan sekutu Arabnya untuk memberlakukan blokade politik dan ekonomi terhadap Qatar telah menjerumuskan negara-negara di kawasan Teluk itu ke dalam perselisihan yang berkepanjangan.

Blokade yang dilakukan oleh Arab Saudi dan sekutunya tersebut telah membuat Qatar lebih condong ke Iran dan Turki daripada saudaranya di Teluk melihat banyaknya tuntutan-tuntutan dari koalisi Teluk yang tidak masuk akal terhadap Qatar. (Baca juga : Qatar Nilai “13 Daftar Tuntutan Arab” untuk Penyelesaian Konflik Tidak Masuk Akal)

“Blokade tersebut tidak mungkin membuat Qatar kembali bersama Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), sebaliknya tuntutan itu hanya akan menegaskan kepemimpinan baru Arab Saudi yang ingin memiliki pengaruh yang besar di kawasan,” ungkap Bassima Alghussein dan Jeffrey A Stacey, sebagaimana dilaporkan Al Jazeera, Jumat, (14/7/2017).

“Selain itu, Arab Saudi telah mendorong Qatar untuk lebih dekat dengan Iran, kebijakannya telah melemahkan GCC, sebuah dewan kerja sama yang sangat fundamental bagi stabilitas dan perdagangan regional,” jelasnya.

“Dengan tidak ada kesepakatan untuk menyelesaikan perselisihan ini, ketegangan ini akan terus berlanjut, karena Qatar tidak akan memenuhi tuntutan GCC,” tambahnya.

Sementara itu, Qatar melalui Menlu Sheikh Muhammad Bin Abdurrahman Al-Thani telah berulang kali mengatakan bahwa meskipun bersedia untuk berdialog dengan negara tetangganya di Teluk untuk mengatasi keretakan tersebut, ia menegaskan bahwa Qatar tidak akan mengubah kebijakan luar negerinya. (DH/MTD)

Sumber : Al Jazeera | Weblink : http://www.aljazeera.com/news/2017/07/saudi-move-force-region-discord-170713131117232.html

Berikan Komentar Anda :

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here