Al-Jazeera

Al-Jazeera Arabic :

Al-Jazeera English :

Al Jazeera (الجزيرة yang berarti “pulau” atau “jazirah”) adalah stasiun televisi berbahasa Arab dan Inggris yang berbasis di Doha,Qatar.  Stasiun TV ini menjadi populer setelah serangan 11 September 2001, ketika stasiun ini menyiarkan rekaman pernyataan Osama bin Laden dan pimpinan al-Qaeda lainnya.

Selain saluran berita utama, Al Jazeera juga mengoperasikan beberapa saluran TV khusus lainnya, antara lain Al Jazeera English, Al Jazeera Sports, Al Jazeera Live, dan Al Jazeera Children’s Channel. Selain itu, Al Jazeera juga mengoperasikan situs web berita berbahasa Arab dan Inggris.

Al Jazeera mengklaim sebagai satu-satunya stasiun TV yang independen secara politik di Timur Tengah. Saat ini Al Jazeera menyaingi BBC dalam skala jumlah pemirsa yang diperkirakan mencapai 50 juta pemirsa. Al Jazeera berawal dengan modal dari dana raja Qatar sejumlah 150 juta dolar Amerika, dan memulai siaran pada akhir 1996. Pada bulan April tahun tersebut, siaran BBC World dalam bahasa Arab mengalami masalah dengan pemerintah Arab Saudi, dan akhirnya harus menutup operasinya. Banyak mantan staf BBC yang kemudian bergabung dengan Al Jazeera.

Pada 15 November 2006 saluran Al Jazeera berbahasa Inggris mulai mengudara.

Al Jazeera English adalah saluran berita internasional terbesar ketiga setelah BBC World News dan CNN International. Sebagian besar rekaman acara Al Jazeera English juga dimuat dan dapat disaksikan secara gratis di YouTube.

Al Jazeera
Jenis Jaringan TV satelit
Negara Qatar
Ketersediaan internasional
Tanggal peluncuran 1996
Tokoh kunci Sheikh Hamad bin Thamer Al Thani, Chairman
Sheikh Ahmad bin Jassim al-Thani,[1]
english.aljazeera.net