Al Jubeir : “Kami Harap Qatar Akan Kembali Ke Jalan Yang Benar dan Memperbaiki Kesalahannya”

871

Moslemtoday.com : Konflik diplomatik antara Arab Saudi dengan Qatar hampir memasuki bulan ke-10 sejak Juni 2017 lalu. Pada saat itu, Arab Saudi, Bahrain, UEA dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar karena Qatar disebut terlibat dalam kegiatan spionase di kawasan Teluk dan dukungan Qatar terhadap Iran dan gerakan teroris.

“Kami berharap Qatar akan kembali ke jalan yang benar dan memperbaiki kesalahannya,” ungkap Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al Jubeir ketika menjawab pertanyaan wartawan tentang kebuntuan politik dengan Qatar dalam sesi Konferensi Pers di AS, seperti dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (24/3/18).

Adel al-Jubeir kembali mengingatkan bahwa tidak akan ada negosiasi mengenai daftar tuntutan yang dikeluarkan negara-negara Arab terhadap Qatar untuk mengakhiri krisis diplomatik Arab-Qatar yang sudah berlangsung hampir 10 bulan tersebut.

“Kami membuat keputusan kami, kami membuat kebijakan kami dan terserah kepada Qatar untuk mengubah perilakunya atau tidak, dan ketika mereka melakukan itu, semua krisis ini akan berhasil, tetapi jika mereka tetap menolak, mereka akan tetap terisolasi,” tegas Al-Jubeir.

Menlu Al Jubier juga menegaskan Jika Qatar ingin blokade dicabut, Qatar sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. “Jika Qatar ingin krisis ini berakhir, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan,” ungkap Al Jubeir.

Al Jubeir juga mengingatkan peran Iran dalam menciptakan kekacauan dan gangguan stabilitas keamanan Teluk sangat Jelas.

“Iran memberikan dukungan penuh terhadap milisi Houthi di Yaman dan menembakkan rudal ke Arab Saudi. Iran harus mempertanggung jawabkan hal itu dan mereka harus menghormati kami sebagai tetangganya,” tambah Al Jubeir. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here