Al-Jubeir : putra mahkota tidak memerintahkan pembunuhan Khashoggi

110
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel Al-Jubeir menghadiri pertemuan para menteri luar negeri yang bersatu menuju kekalahan Negara Islam di Departemen Luar Negeri di Washington, AS, 6 Februari 2019. REUTERS / Kevin Lamarque

Moslemtoday.com : Seorang pejabat tinggi Saudi pada hari Jumat menegaskan kembali posisi pemerintahnya bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman tidak memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada tahun 2018. Seperti dilansir dari Reuters, Sabtu, (9/2/2019).

Pada hari Kamis, New York Times melaporkan bahwa setahun sebelum Khashoggi terbunuh, putra mahkota disinyalir mengatakan akan menggunakan “peluru” pada wartawan jika ia tidak kembali ke rumah dan mengakhiri kritiknya terhadap pemerintah, namun pernyataan ini dikait-kaitkan dengan terbunuhnya Khashoggi.

Ditanya tentang laporan itu, Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan kepada wartawan: “Saya tidak bisa mengomentari laporan berdasarkan sumber anonim. Kami telah melihat di masa lalu bahwa banyak yang disebut laporan berdasarkan sumber-sumber intelijen tidak berhasil. ”

Ditanya apakah dia menolak gagasan bahwa putra mahkota telah menggunakan kalimat itu dalam sebuah percakapan, al-Jubeir menjawab: “Ini bukan tentang menolak atau tidak menolak. Kita tahu bahwa putra mahkota tidak memerintahkan ini. Kami tahu ini adalah operasi jahat. ”

Secara terpisah pada hari Kamis, penyelidikan yang dipimpin oleh PBB untuk pembunuhan Khashoggi mengatakan bahwa bukti menunjukkan kejahatan brutal yang “direncanakan dan dilakukan” oleh pejabat Saudi.

Pembunuhan Khashoggi oleh tim operasi Saudi pada 2 Oktober memprovokasi kebusukan yang meluas serta menodai citra putra mahkota, yang telah dikagumi di Barat karena mendorong perubahan besar di Arab Saudi.

Sumber : Reuters | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here