Amerika Serikat Akui Peran Arab Saudi di Yaman untuk Lindungi Warga Sipil dari Kejahatan Houthi

364
Arab Saudi di Yaman untuk Lindungi Warga Sipil

Moslemtoday.com : Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert memuji langkah-langkah yang diambil oleh Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi untuk menyelamatkan kehidupan warga sipil dan meminimalkan jumlah korban dari kejahatan pemberontak Syi’ah Houthi di Yaman.

“Koalisi Arab pimpinan Arab Saudi di Yaman telah mengambil langkah-langkah yang benar untuk mengurangi korban sipil,” kata Nauert, seperti dilansir dari Al Arabiya, Jumat, (14/9/2018).

Pernyataan Nauert muncul untuk menguatkan pernyataan Menlu AS Mike Pompeo di Kongres AS yang menyatakan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab telah bekerja untuk melindungi warga sipil di Yaman.

“Arab Saudi dan UEA telah mengambil langkah konkret untuk mengurangi risiko melukai warga sipil dan infrastruktur sipil karena operasi militer terhadap pemberontak Houthi,” ungkap Mike Pompeo.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis membenarkan bahwa dia sepenuhnya mendukung dan menyetujui pernyataan Pompeo dan menambahkan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berusaha keras untuk melindungi warga sipil dan kerusakan tambahan.

Mattis juga mengatakan peran Amerika Serikat bekerja sama dengan utusan khusus PBB mencapai negosiasi akhir untuk mengakhiri perang Yaman.

Sementara itu, disaat yang sama media Iran dan Qatar selalu memojokkan Arab Saudi yang membantai warga sipil di Yaman yang semakin membuat krisis diplomatik di antara ketiga negara semakin memanas. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here