Amerika Serikat Kesal Uni Eropa Kirim Bantuan Keuangan untuk Iran

1760
Uni Eropa bantu Iran

Moslemtoday.com : Amerika Serikat mengecam keputusan Uni Eropa yang memberikan bantuan keuangan sebesar $ 20.7 juta dolar (setara Rp. 300 miliar) untuk Iran. AS mengatakan bantuan itu mengirim pesan yang salah pada waktu yang salah di tengah sanksi dan embargo ekonomi AS terhadap Iran.

“Bantuan keuangan yang diberikan Uni Eropa hanya akan melanggengkan kemampuan rezim Iran untuk mengabaikan kebutuhan rakyatnya dan menghambat perubahan kebijakan yang berarti,” kata Brian Hook, pejabat Kementerian Luar Negeri AS, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu, (25/8/2018).

“Rakyat Iran menghadapi tekanan ekonomi yang sangat nyata yang disebabkan oleh korupsi pemerintah mereka, salah urus, dan investasi mereka dalam aksi terorisme dan konflik luar negeri,” tambah Hook.

Brian Hook menambahkan : “Amerika Serikat dan Uni Eropa seharusnya bekerja sama untuk mencari solusi abadi yang benar-benar mendukung rakyat Iran dan mengakhiri ancaman rezim Iran terhadap stabilitas regional dan global.”

Uni Eropa pada hari Kamis kemarin memberikan bantuan sebesar 20.7 juta dolar kepada Iran untuk membantu Iran menghadapi krisis ekonomi karena sanksi AS. Uni Eropa berupaya untuk menyelamatkan perjanjian JCOPA 2015 yang membatasi Iran untuk mengembangkan senjata nuklirnya.  

Sementara itu, Amerika Serikat menekan sekutu-sekutunya untuk mengikuti sanksi-sanksinya terhadap Iran. AS mengatakan sanksinya telah berhasil menekan ekonomi Iran. AS menambahkan bahwa sanksi yang lebih keras akan diberlakukan pada bulan November mendatang di sektor perbankan Iran dan ekspor minyak.

Brian Hook menekankan bahwa banyaknya sumber dana yang dimiliki Iran hanya akan memperbanyak aksi terorisme. “Lebih banyak uang di tangan para Ayatollah berarti lebih banyak uang untuk melakukan pembunuhan di negara-negara Eropa itu,” ujar Hook. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here