Amien Rais Nilai Partai Ummat Tak Lolos Pemilu karena Selalu Kritis terhadap Jokowi

85

Moslemtoday.com : Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais menilai ketidaklolosan Partai Ummat sebagai salah satu partai peserta pemilu 2024 berkaitan dengan sifat kritisnya terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Partai Ummat memang selama ini cukup kritis terhadap kebijakan pemerintah. Karena itu, mungkin karena itu maka telah di-single out, menjadi satu-satunya partai yang disingkirkan. Partai Ummat tetap akan mengupayakan jalan-jalan yang masih bisa ditempuh, terutama membawa gugatan Partai Ummat ke Bawaslu,” ujar Amien dalam keterangannya, seperti dilansir dari Suara.com, Senin (19/12/2022).

Amien Rais, yang merupakan mantan Ketua MPR itu menegaskan prinsip perjuangan partainya adalah menegakkan keadilan dan hak secara konstitusional. “Insya Allah Partai Ummat akan berusaha lebih keras lagi untuk memperoleh hak-hak sipil dan hak-hak konstitusional yang dimiliki oleh seluruh anak bangsa,” ungkap Amien.

Pekan lalu, Partai Ummat resmi mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Partai Ummat menunjuk Denny Indrayana sebagai ketua tim penasehat hukum dalam gugatan tersebut.

“KPU RI melalui keputusannya Nomor 518 Tahun 2022 telah tidak meloloskan Partai Ummat sebagai peserta Pemilu 2024, alasannya karena tidak memenuhi syarat verifikasi faktual. Atas keputusan yang tidak adil dan tidak benar demikian, Partai Ummat menggunakan hak konstitusional kami untuk mengajukan Permohonan Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu ke Bawaslu A,” kata Denny di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Jumat (16/12).

Ia mengatakan Partai Ummat mengajukan 114 halaman permohonan penyelesaian sengketa tersebut. Selain itu, kata dia, pihaknya membawa lebih dari 6 ribu bukti dalam pengajuan gugatan tersebut. Alat bukti itu terdiri keanggotaan Partai Ummat, termasuk KTP, KTA, dan video yang membuktikan kelayakan Partai Ummat untuk diloloskan dalam verifikasi faktual.

Sumber: suara.com

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here