“Ancaman Nyata Bangsa Indonesia”, Download Slide Presentasi Lengkap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

6166

Moslemtoday.com : Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan bahwa perang masa kini dan ke depan adalah perang ekonomi dengan berlatar belakang energi, pangan dan air yang letaknya di sekitar equator.

“Terbukti saat ini saja tatkala populasi penduduk dunia mencapai 11 milyar, hampir 15 juta anak meninggal karena kemiskinan, kelaparan dan kesehatan yang buruk setiap tahunnya,” kata Panglima TNI.

Dia menambahkan, prediksi jumlah penduduk dunia saat mengalami krisis energi pada tahun 2043 mencapai 12.3 milyar jiwa yang berarti hampir 4 kali lipat populasi ideal penduduk bumi. Konsekuensinya pemenuhan kebutuhan energi, pangan dan air juga meningkat.

Pada sisi lain Jenderal Gatot menjelaskan bahwa konflik atau perang di belahan bumi saat ini seperti di Libya, Mesir, Irak, Kuwait, Iran, Sudan, Kongo, Nigeria, semuanya terjadi di Negara penghasil minyak. Bahkan yang terakhir adalah Ukraina negara penghasil minyak 10.000.000 barrel perhari. Inilah bukti konflik dunia berlatar belakang energi.

Menghadapi ancaman nyata yang sudah merasuk ke sendi kehidupan berbangsa, bernegara bahkan kehidupan berkeluarga maka bangsa Indonesia harus memahami kembali jatidirinya sebagai bangsa patriot, bergotong royong untuk mempererat persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Inilah akar budaya yang harus sama-sama kita lestarikan, karena tantangan kedepan semakin sulit,” ujar Gatot.

Persaingan yang sangat ketat itu disebutnya menyebabkan banyak negara ingin bekerja sama dengan Indonesia. Menurut Gatot, hal tersebut justru harus diantisipasi karena banyak negara yang ingin memanfaatkan Indonesia untuk mendapatkan keuntungan.

“Jadi saya datang ke Singapura dan Australia baik-baik tapi ujung-ujungnya diminta perjanjian-perjanjian yang ada maksudnya. Contohnya dengan Australia, katanya kita siap bantu ya tapi nanti semau-maunya, nah ini membuktikan persaingan ketat,” ucap dia.

“Krisis pangan, kekurangan obat-obatan menyebabkan 38 ribu warga Venezuela menyeberang ke Kolumbia. Warga Syria tahun 2015 bermigrasi lebih dari 4 juta orang karena konflik, dan tahun 2020 akan ada pengungsian besar-besaran akan bermigrasi dari Afrika sub-sahara yang terkena penggurunan ke Afrika Utara dan Eropa berdasarkan penelitian,” terang Gatot.

“Ini perlu saya sampaikan bahwa negara kita juga akan menghadapi ancaman,”pungkas Jenderal. (DH)

Video Dokumentasi :

>> Klik Disini untuk Mendownload Presentasi Lengkap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo <<

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here