Apa yang Dikatakan Presiden Iran kepada Emir Qatar pada Idul Fitri?

3932

Moslemtoday.com : Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri kepada Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani serta menegaskan dukungan penuh Iran terhadap negara Arab itu dan menolak blokade Arab terhadap Qatar. Pernyataan itu dilakukan melalui pembicaraan  telpon dengan Emir Qatar, Ahad, (26/6/2017).

“Kebijakan Iran terhadap kerja sama dengan pemerintah Qatar adalah sebuah kerja sama berkesinambungan, dan kedua negara miliki beragam potensi yang besar untuk meningkatkan hubungan yang lebih banyak kedepannya,” papar Rohani.

“Teheran berdiri untuk mendukung Qatar dan rakyatnya dan kami percaya bahwa tekanan, ancaman dan sanksi bukanlah solusi yang baik untuk memecahkan masalah di kawasan Teluk,” tambah Rouhani.

“Bantuan ekonomi terhadap Qatar dan peningkatan hubungan, terutama di sektor swasta kedua negara menjadi tujuan bersama Iran dan Qatar,” ujar Rohani.

Presiden Iran mengkritik blokade sanksi yang dilancarkan sejumlah negara Arab tersebut, dan menegaskan terbukanya zona udara, darat dan laut Iran bagi Qatar sebagai negara sahabat dan tetangga.

Sementara itu, Emir Qatar dalam percakapan tersebut menyampaikan apresiasi positif atas sambutan serta dukungan pemerintah dan rakyat Iran terhadap negaranya.

“Hubungan Iran dan Qatar terjalin baik dan terus meningkat. Qatar menyatakan kesiapannya untuk meningkatkan kerja sama dengan Iran di berbagai bidang demi kepentingan kedua negara, dan penyelesaian masalah dunia Islam,” jelas Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani.

Sumber : Al Arabiya | Parstoday

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here