Arab Saudi Akan Berlakukan Denda Hingga Rp 18 Juta bagi Para Perokok

1017

Moslemtoday.com : Komite Nasional Pengendalian Tembakau Arab Saudi sedang mempersiapkan aturan yang akan memberlakukan denda bagi para perokok hingga $ 1.300 (SAR 5.000) atau setara dengan Rp. 18 juta, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (28/2/18).

Arab Saudi menetapkan peraturan larangan merokok di tempat umum, seperti : di Masjid, lapangan di sekitar masjid, fasilitas pendidikan, kesehatan, olahraga, budaya, badan sosial dan amal, tempat kerja di perusahaan, institusi, badan, pabrik, bank dan sejenisnya.

Peraturan tersebut juga melarang merokok di angkutan umum, darat, udara atau laut, tempat perbelanjaan, atau pabrik pengolahan dan pengemasan.

Larangan merokok juga berlaku di tempat distribusi produksi minyak, transportasi, dan lokasi penyulingan termasuk stasiun distribusi bahan bakar dan gas, gudang, lift dan toilet.

Sanksi yang dikenakan tidak hanya aktivitas merokok, tetapi semua turunannya seperti : asupan tembakau, cerutu, pipa, jig, shisha, kunyah, penyimpanan atau metode lain yang digunakan bagi para perokok.

Selain kepada para perokok, Sanksi juga akan kenakan kepada siapapun yang dinyatakan bersalah telah melakukan budidaya atau pembuatan tembakau dan turunannya di Arab Saudi. Pelanggar akan dikenakan denda hingga SR 20.000 atau senilai Rp. 70 juta. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur: Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here