Arab Saudi, Bahrain, UEA dan Mesir Putus Hubungan Diplomatik dengan Qatar

12880

Moslemtoday.com : Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir, Senin, (5/6/2017) telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, menyusul semakin memanasnya perseteruan diplomatik di kawasan teluk beberapa pekan terakhir.

Hubungan diplomatik dengan Qatar diputus karena Qatar dianggap telah mendukung dan melindungi kelompok yang dianggap negara teluk sebagai terorisme (ISIS, Al-Qaeda, Ikhwanul Muslimin), dan menyusul pernyataan Emir Qatar beberapa waktu lalu yang mengakui Iran adalah “kekuatan Islam”. Menurutnya, tak bijaksana untuk bermusuhan dengan Iran.

Kantor berita resmi Saudi melaporkan seperti dilansir Saudi Press Agency, Senin (5/6/2017), pemerintah Saudi telah memutuskan untuk memutus hubungan diplomatik Qatar sebagai pelaksanaan hak berdaulatnya yang dijamin oleh hukum internasional dan perlindungan keamanan nasional dari bahaya terorisme dan ekstremisme”.

Arab Saudi juga menyebut Qatar telah mendukung kegiatan kelompok Syi’ah yang didukung Iran di provinsi Qatif Arab Saudi dan di negara tetangga Bahrain. Qatar juga disebut telah membiayai, mengadopsi dan menyimpan ekstremis yang berusaha mengacaukan persatuan di dalam dan di luar negeri. Arab Saudi disebut juga telah mengetahui bahwa pihak berwenang di Qatar telah mendukung milisi Houthi setelah deklarasi koalisi untuk mendukung pemerintah yang sah di Yaman, “pernyataan tersebut menambahkan.

Keputusan pemutusan hubungan dengan Qatar juga diikuti oleh Uni Emirat Arab (UAE). Pemerintah UAE mendukung sepenuhnya sikap Arab Saudi terhadap Qatar, dan mengatakan bahwa Qatar telah mengancam stabilitas keamanan di kawasan teluk dengan mendukung ekstremisme dan membahayakan stabilitas nasional. UEA menyebut Qatar mengelak dari tanggung jawab dan kesepakatan bersama yang telah dibuat dengan negara-negara Teluk.

Pemerintah UEA juga juga memperingatkan warga Qatar bahwa mereka memiliki 14 hari untuk meninggalkan UEA. Warga Qatar juga telah dilarang “bahkan melewati UEA”. Sebuah pernyataan di kantor berita resmi UEA mengatakan “Emiratis sekarang dilarang untuk mengunjungi atau bahkan melewati Qatar dengan segala cara”.

Selain Saudi dan UEA, Bahrain pun melakukan hal yang sama. Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar, seraya menyebutnya telah mendukung terorisme dan mencampuri urusan dalam negeri Bahrain. Dalam statemen singkat di kantor berita resmi Bahrain disebutkan, Bahrain, sekutu erat Saudi, juga memutus kontak udara dan laut dengan Qatar. Pemerintah Bahrain pun memberikan waktu 14 hari bagi warga negaranya di Qatar untuk pergi dari negeri itu.

Senada dengan itu, pemerintah Mesir juga menuding Qatar telah mendukung terorisme. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pemerintah Mesir menunjukkan bahwa alasan pemutusan hubungan dengan Qatar adalah karena dukungan pemerintah Qatar terhadap Ikhwanul Muslimin, yang telah ditetapkan Kairo sebagai kelompok teroris.

“Qatar telah mempromosikan ideologi al-Qaeda, dan memberikan dukungan kepada ISIS dan operasi teroris di Sinai. Qatar telah berkeras untuk mencampuri urusan dalam negeri Mesir dan negara-negara di kawasan tersebut dengan cara yang mengancam keamanan nasional Arab dan mempromosikan benih hasutan dan perselisihan di Dunia Arab, “bunyi pernyataan tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Al-Arabiya | Saudi Press Agency

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here