Arab Saudi Bantah Meminta Mediasi dengan Iran

1575

Moslemtoday.com : Arab Saudi akhirnya membantah pemberitaan yang mengatakan bahwa Riyadh ingin berdamai dengan Teheran. Arab Saudi menegaskan bahwa Kerajaan tidak pernah meminta mediasi dengan Iran dalam urusan apapun.

Arab Saudi telah menetapkan pendiriannya yang tegas untuk menolak segala bentuk pendekatan apapun dengan rezim Iran yang telah menyebarkan bibit terorisme dan ekstremisme di Timur Tengah dan dunia, serta telah ikut campur tangan dalam urusan negara lain, kata sumber resmi kementerian luar negeri, seperti dirilis Saudi Press Agency. 

Bernegosiasi dengan Iran?

Arab Saudi menegaskan bahwa tidak mungkin melakukan perundingan dengan rezim Iran saat ini. Arab Saudi menilai Rezim Iran telah menunjukkan sikap tidak menghormati perjanjian, melanggar norma diplomatik dan prinsip-prinsip hubungan diplomatik.

Rezim ini (Iran) terus berbohong dan mendistorsi fakta. Arab Saudi mengingatkan bahaya rezim Iran dan kecenderungannya untuk merusak perdamaian dan stabilitas internasional.

Arab Saudi menyerukan agar semua negara di dunia bekerja untuk menghentikan rezim Iran melakukan tindakan agresifnya dan memaksanya untuk mematuhi undang-undang internasional, mematuhi Resolusi DK-PBB dan peraturan diplomatik.

Pernyataan yang salah

Sebelumnya, diberitakan melalui pernyataan Menteri Dalam Negeri Irak, Qassem al-Aaragi, mengklaim bahwa Arab Saudi telah meminta Perdana Menteri Irak, Haydar al-Aabadi, dalam kunjungannya ke Arab Saudi untuk memediasi Riyadh dengan Teheran.

Namun, Selanjutnya Aaragi mengklarifikasi pernyataannya tersebut dan mengatakan bahwa Arab Saudi tidak pernah meminta Aabadi untuk menengahi antara mereka dan Iran. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa apa yang telah beredar dalam berita beberapa hari terakhir ini benar-benar salah. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Saudi Press Agency (SPA)

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here