Arab Saudi Batasi Haji Hanya untuk Warga Domestik dan Ekspatriat yang Tinggal di Saudi

127

Moslemtoday.com : Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa skema haji tahun 1442 H/2021 M hanya untuk warga negara Saudi dan warga negara asing (ekspatriat) yang saat ini tinggal di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan pandemi virus corona yang masih berlangsung di seluruh dunia.

“Mengingat apa yang disaksikan di seluruh dunia dari perkembangan pandemi virus corona yang berkelanjutan dan munculnya mutasi baru, pendaftaran haji akan dibatasi hanya untuk warga negara Saudi dan warga negara asing yang sudah berada di Arab Saudi saja,” ungkap Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam pernyataannya, seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (15/6/2021).

Pemerintah Arab Saudi juga membatasi usia peserta Haji dan total jumlah jamaah untuk tahun ini yakni sebanyak 60.000 jamaah. Mereka yang diizinkan untuk melaksanakan ibadah haji adalah mereka yang berusia antara 18-65 dan telah divaksinasi lengkap, atau telah menerima dosis pertama setidaknya 14 hari sebelumnya, atau mereka yang divaksinasi dan telah pulih dari infeksi COVID-19.

“Portal pendaftaran akan diluncurkan pada 13 Juni 2021 pukul 1 siang,” kata Kementerian Haji dan Umrah seraya menambahkan bahwa tidak ada prioritas bagi mereka yang mendaftar di awal.

“Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah,” tegas Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here