Arab Saudi Beli Senjata dan 6.600 Rudal Jelajah dari AS Senilai $ 1 Milyar Dolar

1179

Moslemtoday.com : Arab Saudi menyepakati pembelian perlengkapan senjata dan rudal jelajah dengan Amerika Serikat senilai hingga $1 milyar dolar AS. Kesepakatan itu diambil dalam kunjungan resmi Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad Bin Salman ke AS pekan ini, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi bahwa AS telah menyetujui penjualan senjata ke Arab Saudi, yang mencakup pembelian rudal anti-tank, rudal jelajah TOW, helikopter dan suku cadang untuk kendaraan militer. Arab Saudi membeli rudal TOW sebanyak 6.600 paket senilai $ 670 juta dolar.

Arab Saudi juga membeli peralatan suku cadang untuk armada militer dan kendaraan lapis baja senilai $300 juta dolar, ditambah pembelian armada helikopter militer senilai $ 106,8 juta dolar.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa penjualan ini untuk meningkatkan dan memperkuat keamanan sekutu penting AS di Timur Tengah, yakni : Arab Saudi.

“Penjualan rudal dan dukungan teknis TOW 2B yang diberikan akan meningkatkan upaya Arab Saudi untuk mengembangkan kemampuan pertahanan kerajaan yang terintegrasi,” ungkap Departemen tersebut, seperti dilansir dari Reuters, Jumat, (23/3/18).

Sejak Trump menjadi presiden AS, dan dilantiknya Pangeran MBS menjadi Putra Mahkota Arab Saudi, Riyadh dan Washington sepakat akan menghadapi konfrontasi Iran di kawasan yang terus meningkat. Saat ini Arab Saudi dan Iran terlibat perang Proxy di Yaman, Lebanon dan Suriah. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya, Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here