Arab Saudi Berhak Membalas Ancaman Iran Namun Memilih Untuk Tetap Menahan Diri

1305

Moslemtoday.com : Serangan 7 rudal balistik yang diluncurkan Houthi pada Ahad malam kemarin (25/3/18) bisa saja menjadi alasan Arab Saudi untuk melakukan serangan balasan kepada Iran, karena rudal balistik yang digunakan Houthi adalah rudal balistik dari Iran. Namun Arab Saudi masih tetap memilih untuk menahan diri untuk tidak meningkatkan ketegangan di kawasan Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengatakan bahwa Arab Saudi memiliki hak untuk menanggapi ancaman ini. “Iran telah melanggar hukum internasional dengan menyelundupkan rudal balistik kepada Houthi. Kami berhak untuk menanggapi ancaman Iran ini,” ungkap Al Jubier, seperti dilansir dari Al Arabiya, Rabu, (28/3/18).

Putra Mahkota Arab Saud Pangeran Mohammed bin Salman, yang kini sedang melakukan kunjungan resmi kerajaan ke Amerika Serikat memiliki momentum untuk menekan Iran di forum internasional.

“Pangeran Mohammed bin Salman melakukan diplomasi tingkat tinggi. Dia adalah sosok pemimpin yang tenang dan terkendali dan tidak mudah terpancing oleh konfrontasi lawan. Dia akan memanfaatkan serangan rudal Houthi baru-baru ini untuk memperkuat pengaruhnya di dunia internasional untuk menekan Iran,” ungkap Ehsan Khoman, Kepala Riset dan Strategi MENA di MUFG, Dubai, UEA, seperti dilansir dari Reuters.

“Para diplomat dan analis mengatakan bahwa Arab Saudi memiliki beberapa pilihan selain konfrontasi langsung dengan Iran, sesuatu yang tetap tidak mungkin terjadi kecuali roket Houthi menargetkan aset Saudi yang paling berharga,” tambahnya.

Raja Salman dalam pernyataannya dengan tegas mengatakan bahwa Arab Saudi akan menindak tegas siapapun yang mengancam dan menargetkan keamanan dan stabilitas kerajaan namun dengan tetap mempertimbangkan kemaslahatan bersama.

Sementara itu, Juru bicara koalisi Arab Kolonel Turki al-Malki mengatakan bahwa Iran adalah “usus buntu di dalam tubuh yang berpenyakit, dan Iran harus segera memperbaiki dirinya sendiri atau kami yang akan mengoperasinya.” (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya, Reuters | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here