Arab Saudi dan Indonesia Tetapkan Idul Adha Jatuh pada 12 September

942

Join @Moslemtodaycom Channel on Telegram

Moslemtoday.com : Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan bahwa hari raya Idul Adha 1437 H jatuh pada Senin 12 September 2016. Keputusan ini diambil Pemerintah Saudi setelah otoritas keagamaan di kerajaan tidak dapat menyaksikan hilal pada 1 September. Demikian sebagaimana dilansir dari Aljazeera, Jumat (2/9/2016).

Berdasarkan Kalender Hijriah, Sabtu depan merupakan hari pertama bulan Dzulhijjah dan Idul Adha selalu jatuh pada hari ke-10 dari bulan tersebut. Keputusan ini sama dengan apa yang ditetapkan Pemerintah Indonesia yaitu Idul Adha jatuh pada Senin 12 September.

Di Amerika Serikat (AS), Dewan Fiqih Amerika Utara menyatakan akan mengikuti penetapan hari raya Idul Adha sebagaimana diumumkan pihak berwenang di Mekkah. Keputusan otoritas agama di Mekkah ini juga  diikuti oleh Dewan Eropa untuk Fatwa dan Penelitian.

Idul Adha adalah hari raya umat Islam yang dirayakan setiap tahun di seluruh dunia dan menjadi hari libur resmi di negara-negara mayoritas Muslim. Dalam kalender Islam, Idul Adha terjadi pada hari ke-10 Dzulhijjah atau hari ketiga ibadah haji di Mekah.

Sumber : Aljazeera

comments

SHARE