Arab Saudi dan Koalisi Negara Teluk Putuskan Hubungan dengan Qatar, Ini Komentar Iran

2596

Moslemtoday.com : Iran mengomentari pemutusan hubungan diplomatik dengan Qatar oleh negara-negara Teluk Arab dan Mesir. Pejabat senior pemerintahan Iran menyebut pemutusan hubungan bukanlah solusi bagi krisis Timur Tengah.

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UAE) dan Mesir, disusul Libya dan Yaman kompak memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar setelah menyebut Qatar melindungi dan mendukung gerakan-gerakan terorisme (Al-Qaeda, ISIS, IM) yang telah mengganggu stabilitas dan keamanan kawasan Timur Tengah.

“Era memutus hubungan diplomatik dan menutup perbatasan sudah berakhir … itu bukanlah cara untuk menyelesaikan krisis,” sebut Hamid Aboutalebi yang menjabat Wakil Kepala Staf Kepresidenan Iran, seperti disampaikan via Twitter dan dilansir Reuters, Senin (5/6/2017).

“Apa yang terjadi merupakan hasil awal dari tarian di atas pedang,” sindir Hamid merujuk pada kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke Saudi baru-baru ini. Dalam kunjungannya itu, Trump menyerukan dunia untuk mengisolasi Iran yang disebutnya mendukung terorisme.

Saudi yang pertama kali memutus hubungan diplomatik dengan Qatar, kemudian disusul Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir. Negara-negara itu langsung menghentikan seluruh kontak dengan Qatar, baik darat, laut maupun udara.

Sumber : REUTERS

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here