Arab Saudi dan Koalisi Negara Teluk Putuskan Hubungan dengan Qatar, Ini Sikap Indonesia

3092

Moslemtoday.com : Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha telah mengambil sikap terkait situasi terkini di kawasan tersebut. Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhamad Basri Sidehabi, mengatakan bahwa Indonesia prihatin dengan situasi di Timur Tengah saat ini.

”Indonesia mengharapkan semua pihak dapat menahan diri dan mengedepankan dialog serta rekonsiliasi  untuk menyelesaikan masalah ini,” kata Dubes Basri dalam keterangan tertulis, seperti dilansir dari SINDOnews, Selasa (6/6/2017).

Indonesia, lanjut dia, menekankan kembali kepada semua negara untuk menghormati prinsip hubungan internasional, seperti saling menghormati kedaulatan masing-masing negara dan tidak ikut campur urusan dalam negeri negara lain.

“Indonesia mengajak semua pihak untuk menyatukan langkah dalam  memerangi terorisme dan bekontribusi dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan serta  global,” imbuh mantan pilot tempur F-16 pertama Indonesia ini.

Diplomat senior Indonesia ini telah meyakinkan seluruh WNI di Qatar untuk tetap tenang. Dia minta para WNI rajin mengikuti perkembangan situasi keamanan di Qatar melalui berbagai sarana. “Tidak perlu mengambil langkah-langkah yang berlebihan mengingat situasi di Qatar masih aman dan terkendali,” katanya.

Pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan otoritas setempat guna memastikan keamanan dan keselamatan seluruh WNI di Qatar. Dubes Basri bahkan telah menggelar pertemuan dengan masyarakat Indonesia di kompleks Al Khor Community (AKC), Kota Alkhor sekitar 60km dari Ibu Kota Doha, kemarin untuk menenangkan para WNI.

KBRI telah mempersiapkan langkah-langkah guna mengantisipasi kondisi di lapangan. ”Dubes adalah orang terakhir yang akan meninggalkan Qatar,” katanya di hadapan para WNI. ”Kondisi politik ini sudah terjadi pada tahun 2014 lalu sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.” (DH/MTD)

 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here