Arab Saudi dan Perancis Tandatangani 20 MoU Senilai $ 18 Miliar Dolar di Sektor Ekonomi

600

Moslemtoday.com : Arab Saudi dan Prancis menandatangani 20 Nota Kesepakatan (MoU) di sektor perekonomian senilai $ 18 Miliar Dolar dalam kunjungan resmi Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman ke Prancis.

Kesepakatan terpenting dicapai di sektor energi antara Saudi Aramco dan French Total, raksasa petrokimia Prancis. Kesepakatan pertama bernilai $ 7,2 miliar dolar untuk membangun kompleks petrokimia baru di Arab Saudi dalam kemitraan dengan SATORP, dan yang kedua adalah perjanjian perdagangan senilai $ 3 miliar dolar.

Di bidang penerbangan, perjanjian ditandatangani antara Fly NAS Arab Saudi dan General Electric-Safran untuk mendirikan usaha patungan $ 5,5 miliar antara General Electric dan Safran yang berbasis di Saudi untuk mesin pesawat manufaktur.

Menteri Energi dan Industri Saudi Khaled al-Falih, Menteri Perdagangan dan Investasi Majid al-Qasabi dan sejumlah kepala eksekutif dari kedua belah pihak mengadakan serangkaian pertemuan di Paris pada hari Selasa ini.

Dalam wawancara dengan Al Arabiya, CEO Aramco menjelaskan bahwa perusahaan ini bekerja sama dengan French Total  untuk kemitraan strategis dan kerjasama di berbagai bidang. Perjanjian sebelumnya ditandatangani untuk pembangunan kompleks petrokimia di samping kilang bersama yang mulai beroperasi pada tahun 2014 dan menghasilkan 400.000 barel minyak mentah per hari.

CEO Aramco menambahkan bahwa perjanjian kedua dengan French Total akan berada di sektor ritel dan pembangunan stasiun gabungan antara Aramco dan French Total di Arab Saudi.

Perancis berada di peringkat ketiga dalam arus investasi di Arab Saudi, dengan total investasi melebihi $ 15 miliar dolar yang didistribusikan di 80 perusahaan yang beroperasi di Kerajaan Arab Saudi. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here