Arab Saudi Danai Pemulihan Stabilitas Ekonomi Yaman Senilai $1 Miliar Dollar AS (Rp. 15,7 Triliun)

77

Moslemtoday.com : Disponsori oleh Arab Saudi, Arab Monetary Fund (AMF) menandatangani perjanjian senilai $ 1 miliar dollar atau senilai Rp. 15,7 triliun dengan pemerintah Yaman untuk mendukung program reformasi ekonomi, moneter dan sektor keuangan negara tersebut.

“Program tersebut bertujuan untuk membantu mendukung upaya pemerintah Yaman untuk memperkuat status keuangannya, mengembangkan sektor perbankan negara tersebut dan memberikan dorongan kepada sektor swasta dan pembangunan ekonomi,” ungkap Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed bin Abdullah al-Jadaan, seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa, (29/11/2022).

Program yang dipimpin AMF, akan berjalan hingga tahun 2025, berupaya membangun fondasi stabilitas ekonomi, keuangan, dan moneter di Yaman dan membangun kembali institusi-institusinya, memberikan dorongan untuk pembangunan sosial, penciptaan lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Dukungan Arab Saudi atas perjanjian tersebut datang sebagai komitmen Kerajaan membantu perbaikan ekonomi Yaman yang telah hancur akibat perang berkepanjangan sejak 2000-an silam.

Menurut rilis SPA, Arab Saudi telah menyetor 1 miliar dolar AS pada 2021 dan 2 miliar dolar AS pada 2018 untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan pokok seperti biji-bijian gandum, tepung, beras, susu, minyak goreng, dan gula. Kontribusi ini telah mampu meningkatkan standar hidup dan indeks pembangunan manusia di Yaman serta memperkuat cadangan devisa bank sentral pasca perang.

“Arab Saudi menyumbang sekitar 30 persen dari total bantuan yang diberikan kepada Yaman antara tahun 2001 hingga 2022, dan menduduki puncak daftar sebagai negara donor,” tambah SPA.

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli

Mari bergabung bersama WA Grup dan Channel Telegram Moslemtoday.com, Klik : WA Grup & Telegram Channel

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here