Arab Saudi Desak Dewan Keamanan PBB Menindak Tegas Iran Terkait Penembakan Rudal Houthi

1051

Moslemtoday.com : Arab Saudi meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengambil tindakan yang tegas terhadap dukungan aktif Iran terhadap kelompok pemberontak Houthi di Yaman yang telah meluncurkan serangan rudal balistik ke Riyadh awal pekan ini.

Dalam pernyataan yang disampaikan oleh Duta Besar Saudi untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa pada hari Rabu menjelang berakhirnya sesi tertutup membahas situasi Kemanusiaan di Yaman, Arab Saudi merinci tindakan teroris milisi Houthi Iran.

“Milisi Houthi telah melakukan agresi kudeta dan kekerasan sejak awal krisis Yaman. Hotuhi menolak mengembalikan legitimasi pemerintah sah Yaman. Houthi juga melanggar resolusi Dewan Keamanan, telah menyebabkan bertambahnya bencana kemanusiaan di Yaman”, ungkap pernyataan tersebut seperti dilansir dari Al Arabiya, Kamis, (9/11/2017).

Arab Saudi menekankan pada fakta bahwa pasokan senjata terus-menerus oleh Iran ke Houthi Yaman melalui rute penyelundupan, dan kehadiran anggota Hizbullah di lapangan untuk mengumpulkan dan mengoperasikan senjata ini, adalah bukti nyata keterlibatan Iran.

Dukungan terhadap kelompok teror ini secara langsung membahayakan keamanan nasional serta keamanan regional dan global. Arab Saudi mengungkapkan kepada Dewan Keamanan bukti keterlibatan rezim Iran dalam pengembangan rudal dan diluncurkan ke arah Arab Saudi pada tanggal 4 dan 22 November tahun lalu.

Pernyataan tersebut juga mencatat bahwa banyak operasi penyelundupan senjata Iran ke Yaman dan berhasil digagalkan. Operasi ini menunjukkan bukti bahwa Iran telah melanggar resolusi Dewan Keamanan 2216 dari tahun 2015 dan resolusi 2231 tahun 2016.

Arab Saudi menegaskan bahwa mereka akan mengambil tindakan yang tegas untuk menanggapi tindakan kekerasan dan terorisme oleh milisi Houthi untuk melindungi keamanan nasional dan regional sesuai dengan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan undang-undang internasional. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here