Arab Saudi Dukung Keputusan AS Keluar dari Kesepakatan Nuklir Iran

    580

    Moslemtoday.com : Arab Saudi mendukung keputusan Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Arab Saudi juga menyerukan untuk memberlakukan kembali sanksi ekonomi terhadap rezim Iran yang telah lama ditangguhkan dengan adanya kesepakatan JCPOA, seperti dilansir dari Saudi Press Agency, Kamis, (10/5/18).

    Kesepakatan nuklir Iran yang dikenal dengan JCPOA (Joint Comprehensive Plan of Action). Yaitu perjanjian internasional untuk menghentikan ambisi nuklir Iran dengan syarat pencabutan sanksi internasional. Kesepakatan tersebut ditandatangani pada 14 Juli 2015 oleh enam negara (China, Perancis, Rusia, Inggris, Amerika Serikat dan Jerman + Uni Eropa) yang sepakat untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada Iran dan memberikannya akses lebih besar kepada ekonomi global.

    Berdasarkan kesepakatan tersebut, Arab Saudi turut mendukung kesepakatan JCPOA dengan asumsi Iran akan menghentikan program pengayaan senjata pemusnah massal di Timur Tengah dan dunia.

    Namun rezim Iran mengambil keuntungan dari manfaat ekonomi yang diberikan oleh pencabutan sanksi dan memanfaatkan pencabutan sanksi tersebut mencampuri urusan dalam negeri negara-negara Arab dengan menyelundupkan rudal balistik dan mendukung organisasi teroris di kawasan itu, seperti : Hizbullah dan Houthi.

    Arab Saudi kemudian mencabut dukungan atas kesepakatan tersebut dan bersama Amerika Serika mendesak dunia internasional memberlakukan sanksi ekonomi terhadap Iran, karena Iran melalui milisi Houthi terus menargetkan warga sipil di Kerajaan Arab Saudi dengan peluncuran rudal balistik ke wilayah Arab Saudi yang merupakan pelanggaran mencolok terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

    Arab Saudi menegaskan kembali dukungannya terhadap keputusan Presiden Trump terhadap Iran, dan berharap masyarakat internasional akan mengambil sikap tegas dan bersatu melawan rezim Iran yang telah campur tangan di kawasan Arab dan mendukung kelompok-kelompok teroris (Hizbullah dan Houthis).

    Berdasarkan alasan tersebut, Kerajaan Arab Saudi menegaskan komitmennya dan dukungannya terhadap Amerika Serikat dan komunitas internasional untuk mencapai tujuan yang diumumkan oleh Presiden Trump, dan perlunya mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan Iran tentang perdamaian dan keamanan internasional. (DH/MTD)

    Sumber : Saudi Press Agency | Redaktur : Hermanto Deli
    Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

    comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here