Arab Saudi Hapus Nama Jalan Sultan Ottoman di Riyadh

566

Moslemtoday.com : Nama Sultan Sulaiman Al-Qanuni dihapus dari salah satu nama jalan di Kota Riyadh, Arab Saudi. Sultan Sulaiman Al-Qanuni atau yang dikenal Sulaiman I adalah Sultan ke-10 dari Kekhalifahan Turki Utsmani yang berkuasa pada tahun 1520 hingga 1566, yang disebut-sebut sebagai masa keemasan Dinasti Utsmaniyyah.

“Otoritas Kota Riyadh menurunkan tanda jalan bertuliskan nama Sultan Sulaiman Al-Qanuni dari salah satu jalan di Kota Riyadh,” tulis media Lokal Saudi di Twitter, seperti dikutip dari Eremnews, Selasa, (16/6/2020).

Otoritas Riyadh tidak memberikan alasan atas langkah tersebut. Namun beberapa pengguna media sosial menilai langkah itu diambil karena memanasnya hubungan antara Arab Saudi dan Turki. Para netizen Saudi juga turut membagikan foto-foto para pekerja yang membongkar tanda jalan itu.

Perlu diketahui, nama-nama beberapa jalan di Arab Saudi juga ada yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Hal ini bisa terjadi dengan alasan adanya kesalahan dalam nama karakter di mana nama jalan itu dinamai atau adanya informasi baru tentangnya, atau karena laporan yang diterima oleh Otoritas Kota atas beberapa nama jalan yang tidak sesuai.

Dikutip dari Middle East Monitor, selama beberapa tahun terakhir, hubungan antara Arab Saudi dan Turki semakin memanas karena perbedaan sikap diplomatik atas beberapa masalah regional, seperti : Perang Suriah, dukungan Turki terhadap Qatar yang diblokade oleh Kuartet negara Arab, dan yang terbaru adalah krisis di Libya. (DH/MTD)

Sumber : Eremnews, MEMO | Redaktur : Hermanto Deli

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here