Arab Saudi-Indonesia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Perdagangan

2624

Moslemtoday.com : Konsul Jenderal RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin dan Sekretaris Jenderal  Kamar  Dagang   dan   Industri   (Kadin)   Mekkah,  Ibrahim Fuad Bardesi sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Arab Saudi yang menujukkan tren peningkatan.

Konsul Ekonomi KJRI Jeddah, Agus Muktamar yang dihubungi dari Jakarta Senin mengatakan, secara khusus Konjen Jeddah meminta Kadin Mekkah untuk  berpartisipasi pada kegiatan  Trade   Expo Indonesia (TEI) pada 11-15 Oktober 2017 di Banten.

Konjen Hery yang didampingi Agus dan Gunawan dari  Pusat Promosi Perdagangan KJRI Jeddah, bertemu dengan para pengurus dan pengusaha Kadin Mekkah pada Ahad (16/7).

Menurut Agus, Konjen RI tidak ingin Kadin Mekkah sebagai mitra ketinggalan dengan pihak-pihak lain dalam memanfaatkan   peluang   strategis bertemu dengan pelaku usaha Indonesia dari berbagai sektor pada pameran dagang terbesar tahun ini.

Agus  menambahkan bahwa TEI  memiliki konsep “business  to business” sehingga produsen dapat  mengenalkan produk  berkualitas  ekspornya  kepada  calon pembeli. Sebaliknya, pembeli dapat melihat secara langsung produk yang ditawarkan produsen sehingga diharapkan timbul transaksi bisnis.

Dalam  pertemuan tersebut, KJRI Jeddah  juga   menyampaikan kesiapannya untuk mendampingi dan memfasilitasi para pengusaha Arab Saudi yang hadir di TEI untuk melakukan  pertemuan   dengan   beberapa   pejabat   tingkat   tinggi   sesuai permintaan dari Kadin Mekkah.

Guna mengembangkan   potensi   perdagangan   kedua  pihak,   Konjen   juga menawarkan pertukaran kunjungan delegasi dagang. Tawaran tersebut disambut baik oleh Ibrahim Bardesi yang akan mengorganisasi para pengusaha Arab  Saudi untuk hadir di  TEI.

Kadin Mekkah meminta KJRI   Jeddah untuk menjelaskan lebih lanjut kepada anggotanya terkait peluang kerja sama ekonomi dan perdagangan di TEI yang bisa ditransaksikan. “Secara   khusus,   Kadin   Mekkah   merespon   secara   positif   ide   dilaksanakannya kunjungan dagang antara Indonesia dan Saudi,” ujar Agus.

Kadin Mekkah merencanakan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada kuartal pertama 2018 setelah dilakukannya pemilihan Ketua Kadin yang baru.

Setelah kunjungan tahun 2016,   para   pengusaha Saudi  merasa perlu memperbaharui kembali bentuk kerja samanya dengan Indonesia termasuk melalui pengaktifan  kembali  beberapa   MoU   yang   telah   ditandatangani  dengan  beberapa Kadin di Indonesia, kata Gunawan.

Untuk lebih memperat hubungan antara keduanya, Konjen meminta Kadin Mekkah memanfaatkan kedatangan pengusaha  Indonesia yang akan menghadiri beberapa pameran dagang  pada paruh terakhir 2017 di Arab Saudidengan merancang pertemuan pebisnis.

Menyikapi tawaran tersebut, Kadin Mekkah menyampaikan   telah menyiapkan ruang pameran seluas kurang lebih 10.000 meter persegi kepada pengusaha Indonesia yang ingin menampilkan produk dan komoditas unggulannya di sela-sela pertemuan dengan pengusaha Saudi.

Sumber : ANTARA | Kemlu.go.id

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here