Arab Saudi Kecam Dukungan PBB Terhadap Kelompok Pemberontak Houthi di Yaman

1338
Tribesmen loyal to Houthi rebels (AP Photo/Hani Mohammed)

Moslemtoday.com : Arab Saudi mengecam keras laporan Komite Khusus PBB yang menyatakan bahwa PBB telah menyediakan $ 14 juta dolar bantuan dana kepada Kementerian Pendidikan Yaman yang dijalankan oleh kelompok pemberontak Houthi di Yaman yang menanam ribuan ranjau darat di perbatasan Saudi-Yaman.

Arab Saudi meminta komite tersebut untuk mempertimbangkan kembali laporan yang diajukan tersebut, dan memperbaikinya berdasarkan fakta-fakta yang selama ini diabaikan dan meminta komitmen semua anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait, mengenai resolusi 2216. Arab Saudi menegaskan bahwa dukungan PBB untuk milisi Huthi tidak dapat dibenarkan dan tidak dapat diterima.

Arab Saudi menegaskan bahwa Hotuhi dan Saleh telah menanam dan mengerahkan setidaknya 50.000 ranjau di perbatasan Saudi-Yaman dan puluhan ribu ranjau di kota-kota dan desa-desa Yaman yang padat penduduknya serta juga menanam ranjau ke Laut Merah dekat perbatasan Saudi.

Arab Saudi mengungkapkan kekecewaannya atas laporan yang disampaikan komite PBB tersebut karena tidak mengacu pada fakta-fakta ini. Arab Saudi mengingatkan ini sebagai sebuah penghalang yang serius mengenai bagaimana ranjau ini dapat mengancam keselamatan dan keamanan Arab Saudi.

Kecaman ini disampaikan oleh Delegasi Tetap Arab Saudi untuk PBB kepada kepada Komite Politik dan Dekolonisasi Khusus (Komite Keempat) untuk Yaman. (DH/MTD)

Sumber : Saudi Press Agency, SPA

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here