Arab Saudi Kembali Tegaskan Tidak Ada Tempat Bagi Assad Untuk Masa Depan Suriah

1813

Moslemtoday.com : Arab Saudi kembali menegaskan bahwa tidak ada tempat untuk Assad di Suriah. Posisi Arab Saudi atas krisis Suriah adalah sudah jelas untuk menetapkan sebuah pemerintahan transisi untuk Suriah, merancang sebuah konstitusi baru dan mempersiapkan pemilihan untuk membangun masa depan Suriah tanpa Bashar Al-Assad

Kementerian Luar Negeri Saudi membantah laporan yang beredar di media bahwa Arab Saudi sedang mempertimbangkan transisi politik dengan fase pertama di mana Assad akan tetap berkuasa di Suriah.

Beberapa media mengatakan Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir telah memberi tahu keputusan tersebut kepada Komite Negosiasi Tinggi oposisi Suriah (HNC). Arab Saudi selama ini dikenal sebagai pendukung utama kelompok oposisi Suriah.

Melalui pernyataan kementerian luar negeri, yang diberitakan oleh kantor berita negara Saudi, Saudi Press Agency, (SPA), menyebut bahwa laporan yang beredar di media tersebut “tidak benar”.

“Posisi Arab Saudi atas krisis Suriah adalah sudah jelas, dan ini sesuai dengan solusi berdasarkan Deklarasi Jenewa I dan Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254 untuk menetapkan sebuah pemerintahan transisi untuk Suriah, merancang sebuah konstitusi baru untuk Suriah, dan mempersiapkan pemilihan untuk membangun masa depan baru bagi Suriah tanpa Bashar Al-Assad,” demikian bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Senin (7/8/2017).

Sumber resmi tersebut juga menegaskan kembali dukungan Arab Saudi terhadap Komite Negosiasi Tinggi Oposisi Suriah dan prosedur yang sedang dipertimbangkan untuk memperluas keanggotaannya dan menyatukan oposisi Suriah. (DH/MTD)

Sumber : Reuters | Saudi Press Agency (SPA)

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here