Arab Saudi Kirim Bantuan Rp. 1,3 Triliun Untuk Ringankan Penderitaan Rakyat Suriah

1606

Moslemtoday.com : Arab Saudi mengirimkan dana bantuan sebesar $ 100 juta dolar atau senilai Rp. 1,3 Triliun untuk meringankan penderitaan rakyat Suriah. Bantuan tersebut disalurkan melalui Badan Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman atau KSRelief (King Salman Humanitarian Aid and Relief Center).

Pengumuman penyaluran bantuan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar negeri Arab Saud, Adel Al Jubeir pada konferensi pers saat melakukan kunjungan ke Brussel, Belgia, Rabu kemarin, (25/4/18).

“Rakyat Suriah sedang menghadapi rezim yang bersekutu dengan teroris (Iran) yang menggunakan kekejaman dan kejahatan untuk mencapai misi mereka. Mereka membom warga sipil, membiarkan kelaparan dan memberlakukan blokade, membersihkan etnis, mengubah demografi kota, dan menggunakan senjata kimia yang telah mengejutkan seluruh dunia,” ungkap Adel Al Jubeir, seperti dilansir dari Arabnews, Kamis, (26/4/18).

Al Jubeir mengatakan bahwa Arab Saudi telah bekerja untuk meringankan penderitaan rakyat Suriah sejak krisis tersebut dimulai. “Arab Saudi telah memainkan peran dalam menyatukan barisan oposisi Suriah dan mendorong mereka untuk berbicara dengan satu suara,” tambahnya.

Arab Saudi menyelenggarakan Konferensi Riyadh 1 tahun 2015. Arab Saudi kemudian menyelenggarakan Konferensi Riyadh 2pada bulan November 2017, yang berhasil mempersatukan faksi-faksi oposisi dan membentuk badan negosiasi untuk menentukan masa depan Suriah.

Adel Al Jubeir menambahkan bahwa : “Sejak perang dimulai, Arab Saudi telah menampung sekitar dua setengah juta warga Suriah dan memperlakukan mereka seperti warganya sendiri, memberikan mereka perawatan kesehatan gratis, pekerjaan dan pendidikan. Universitas dan sekolah Saudi memiliki lebih dari 140.000 mahasiswa Suriah.”

Al Jubeir menegaskan bahwa Arab Saudi juga memberikan bantuan dan mendukung jutaan pengungsi Suriah di Turki, Yordania dan Lebanon, dengan berkoordinasi dengan pemerintah negara-negara tersebut. Bantuan kemanusiaan untuk Suriah sejauh ini sudah berjumlah sekitar $ 1 miliar dolar. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com 

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here