Arab Saudi Kritik Jerman : “Kami Tidak Membutuhkan Pasokan Senjata dari Anda!!”

2227

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir mengecam keputusan dari Jerman yang menghentikan ekspor senjata ke Arab Saudi karena operasi militer Arab Saudi bersama koalisi Arab masih berlanjut di Yaman.

“Jika Jerman memiliki masalah dengan memasok senjata ke Arab Saudi, kami tidak akan memaksa mereka untuk mengirimkannya kepada kami. Kami sama sekali tidak membutuhkan pasokan senjata dari Anda, kami bisa mendapatkannya dari tempat lain,”  ungkap Adel Al Jubeir, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Jumat, (23/2/18).

Kanselir Jerman Angela Merkel mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan menghentikan ekspor senjata ke semua pihak yang terlibat dalam konflik Yaman.

Sebuah kesepakatan koalisi bulan ini antara Partai Demokrat Kristen Merkel dan Partai Demokrat Sosial berjanji untuk menghentikan ekspor senjata ke negara-negara yang terlibat langsung dalam perang Yaman.

Al-Jubeir mengkritik pemerintah Jerman karena mengadopsi kebijakan yang “tidak konsisten” terhadap penjualan senjata.

“Akankah Jerman juga berhenti memasok senjata ke negara-negara yang berperang melawan ISIS di Suriah dan Irak? Akankah Jerman menghentikan ekspor senjata ke semua negara yang memerangi Taliban di Afghanistan?” tanya Al Jubeir.

Al Jubeir mengingatkan bahwa operasi koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi di Yaman merupakan operasi militer yang sah dibawah undang-undang internasional untuk menyelamatkan legitimasi pemerintahan sah Yaman dari kudeta pemberontak Syi’ah Houthi.

“Perang Yaman adalah perang yang sah,” tegas Al-Jubier.

Yaman dilanda perang sejak akhir 2014 lalu, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara tersebut. Arab Saudi dan koalisi Arab meluncurkan operasi militer atas permintaan presiden Yaman Abdurrabbo Mansour Hadi untuk menyelamatkan legitimasi Yaman dari pemberontakan tersebut. (DH/MTD)

Sumber : Anadolu Agency | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here