Arab Saudi Mendanai Proyek Pengembangan Sungai di Sri Lanka

109
Bendungan Kalu Ganga primer akan menjadi bendungan gravitasi beton setinggi 67 m (220 kaki) , berukuran panjang 546 m (1,791 kaki). sumber : wikimedia

Moslemtoday.com : Duta Besar Saudi untuk Republik Sri Lanka, Abdul Nasser bin Hussain Al-Harthi, telah berpartisipasi dalam upacara pembukaan pengembangan Proyek Sungai Kalu Ganga di Sri Lanka tengah, Kamis, (10/1/2019).

Proyek Sungai Kalu Ganga  berupa bendungan gravitasi besar yang saat ini sedang dibangun di seluruh sungai Kalu Ganga ( ” Black River “) di Pallegama ,Kabupaten Matale, Sri Lanka. Konstruksi proyek ini diluncurkan oleh Presiden Mahinda Rajapaksa pada 25 Januari 2007 . proyek bendungan ini dirilis pada Juli 2018.

“Proyek Sungai Kalu Ganga di Sri Lanka tengah ini didanai oleh Kerajaan Arab Saudi, yang di alokasikan dari Dana Saudi untuk Pembangunan sebesar 841 Miliar Rupiah” seperti dilansir dari kantor berita Arab Saudi SPA, Jum’at, (11/1/2019).

Proyek ini bertujuan untuk menciptakan cadangan strategis untuk air minum dan irigasi dan memenuhi permintaan yang terus meningkat melalui pembangunan tiga bendungan di Sungai Kalu Ganga di Sri Lanka tengah untuk mengairi 975 hektar lahan pertanian.

Kontribusi Saudi dalam proyek pembangunan di Repubilk Sri Lanka telah lama berjalan. Dana Saudi untuk Pembangunan telah berkontribusi untuk membiayai 11 proyek pembangunan di Sri Lanka melalui 14 pinjaman dengan nilai total 529 Triliun Rupiah di antaranya delapan proyek telah selesai di sektor air, energi, kesehatan, jalan dan pendidikan.

Sumber : SPA | Redaktur : Fairuz syaugi
Copyright © 1439 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here