Arab Saudi : Pangkalan Militer Turki di Qatar Semakin Memperumit Situasi

3465

Moslemtoday.com : Duta Besar Arab Saudi untuk Turki, Sheikh Walid al-Khuraiji mengatakan bahwa pangkalan Turki di Qatar semakin mempersulit situasi di tengah konflik diplomatik Arab-Qatar. Dia juga menyampaikan harapan Riyadh agar Turki mengambil posisi “netral” dalam krisis tersebut.

”Setiap kekuatan regional salah jika mereka berpikir bahwa intervensi mereka akan menyelesaikan masalah ini, dan kami mengharapkan kekuatan ini untuk menghormati tatanan regional yang ada untuk menyelesaikan masalah darurat,” kata Al-Khuraiji, sebagaimana dilansir dari Al Arabiya, Sabtu, (1/7/2017).

”Kami berharap Ankara akan tetap tidak memihak demi menjaga hubungan baik dengan semua negara Teluk,” ujarnya. ”Ketika Ankara berpihak pada Doha, dia kehilangan netralitasnya,” kata Al-Khuraiji.

”Membawa tentara asing dari negara-negara regional, dan kendaraan lapis baja, adalah invasi militer, Qatar akan menanggung konsekuensinya, Arab Saudi tidak memiliki keraguan tentang motif Turki dan kekhawatiran Ankara akan keamanan dan stabilitas kawasan ini,” ungkap Al-Khuraiji.

Al-Khuraiji juga menambahkan bahwa keterlibatan militer regional tidak akan menyelesaikan masalah, namun justru akan menambah kompleksitasnya. ”Arab Saudi tidak bisa membiarkan Turki membangun pangkalan militer di negara ini. Ankara tahu betul bahwa Saudi tidak memerlukannya dan bahwa angkatan bersenjata Saudi dan kemampuan militer mereka berada pada tingkat yang terbaik,” papar Al-Khuraiji. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here