Arab Saudi : Qatar Bisa Menjadi Ancaman Dunia Karena Memilih Iran Sebagai Sekutunya

3631
Keterangan : Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani, (Ayah dari Emir Qatar Sekarang Sheikh Tamim) bertemu Ayatollah Ali Khamanei, 2009 (© The Center for Preserving and Publishing the Works of Grand Ayatollah Ali Khamenei)

Moslemtoday.com : Arab Saudi mengatakan bahwa Qatar telah bersikeras menolak daftar tuntutan saudaranya di Teluk sebagai syarat untuk mengakhiri krisis diplomatik. Qatar lebih memilih Iran yang merupakan sponsor utama terorisme global ketimbang saudara-saudaranya di Negara Teluk.

“Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir telah membuat keputusan bersama yang berdaulat untuk memblokade Qatar guna menjaga keamanan di wilayah ini, dan menekan Qatar untuk menghentikan dukungannya terhadap terorisme dan memutus hubungan dengan Iran,” kata Sheikh Abdullah Al-Mouallimi, Duta Besar Arab Saudi untuk PBB. (Baca juga : Inilah “13 Daftar Tuntutan” Arab Saudi dan Koalisi Negara Teluk Sebagai Syarat Untuk Mengakhiri Krisis Diplomatik dengan Qatar)

“Qatar telah memilih Iran sebagai sekutunya. Qatar telah mendukung kelompok teroris selama 20 tahun, meskipun mereka selalu menolak untuk mengakuinya namun kami memiliki bukti konkret di kawasan ini,” sambungnya, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (3/7/2017).

Sheikh Mouallimi juga mengatakan, bahwa Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir telah memberi Qatar beberapa kesempatan untuk tetap berada dalam jalan yang benar. Namun, sayangnya Qatar tidak mau mengikuti saran dari negara tetangganya di Teluk.

“Qatar telah diberi kesempatan beberapa kali untuk mengakhiri dukungannya terhadap terorisme, dan tidak mencampuri urusan dalam negari tetangganya. Yang terakhir dari peluang ini adalah pada 2013 dan 2014, namun usaha ini gagal karena Qatar tidak berkomitmen terhadap kesepakatan yang telah diambil bersama anggota (GCC)/Dewan Kerjasama Teluk,” tegas Sheikh Mouallimi. (DH/MTD)

Video : Pangeran Turki Al-Faishal Menyatakan Rezim Iran sebagai Pendukung Utama Terorisme, dalam Konferensi Oposisi Iran 2017, di Paris, Sabtu, (1/7/2017)

Sumber : Al Arabiya

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here