Arab Saudi Siap Kirim Pasukan ke Suriah

716

Moslemtoday.com : Arab Saudi siap, bersedia dan mampu mengerahkan pasukan untuk mendukung upaya apa pun yang dipimpin AS untuk menstabilkan Suriah. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Adel Al-Jubeir dalam konferensi pers bersama Sekjen PBB, Antonio Guterres di Riyadh, Rabu ini, (18/4/18).

“Kami sedang berdiskusi dengan AS dan sebenarnya sejak awal krisis, Arab Saudi telah berencana mengirimkan pasukannya ke Suriah,” ungkap al-Jubeir seperti dilansir dari Arab News.

The Wall Street Journal melaporkan Presiden AS Donald Trump telah meminta Arab Saudi dan negara-negara Arab lainnya untuk menggantikan posisi militernya di Suriah. Beberapa pekan terakhir ini, Donald Trump telah berulang kali menyampaikan keinginannya untuk menarik seluruh pasukan AS dari Suriah.

“Tawaran bantuan dari Arab Saudi bukanlah hal baru. Sebelumnya, Kami telah mengajukan tawaran kepada pemerintahan Obawa bahwa jika AS mengirim pasukan, maka Arab Saudi bersama dengan negara lain akan mengirimkan pasukan sebagai bagian dari kontingen ini,” tambah Al Jubeir.

Al Jubier menambahkan bahwa langkah itu bisa membantu operasi kontra-terorisme di beberapa wilayah konflik sebagai bagian dari aliansi Muslim yang lebih luas. “Sebagai contoh, Koalisi Militer Islam yang dipimpin Saudi akan menyediakan logistik, intelijen dan pelatihan untuk pasukan kontra-terorisme di Afrika Barat,” ujar Al Jubeir.

Sementara itu, Yahya Al-Aridi, juru bicara Pasukan Oposisi Suriah mengatakan kepada Arab News bahwa Rezim Assad telah mencoba untuk menghancurkan bukti serangan kimia yang akan menunjukkan keterlibatan mereka dalam serangan mengerikan di Douma, Suriah.

“Warga Suriah dibunuh tidak hanya oleh senjata kimia. Mereka dibunuh oleh bom fosfor, dengan roket dan serangan udara, dan dengan senjata pasukannya. Dunia tampak enggan menyebut rezim itu sebagai rezim barbar,” ujar Al Aridi. (DH/MTD)

Sumber : Arabnews | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

 

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here