Arab Saudi: Sikap Kanada adalah Pelanggaran Berat Terhadap Hukum Kerajaan

    452
    Arab Saudi: Sikap Kanada adalah Pelanggaran Berat Terhadap Hukum Kerajaan

    Moslemtoday.com : Duta Besar Arab Saudi untuk Kanada, Nayef bin Bandar Al-Sudeiry angkat bicara terkait langkah diplomatik terbaru yang diambil oleh Kerajaan Arab Saudi terhadap Kanada. (Baca juga : Ini Pernyataan Kanada yang Membuat Marah Kerajaan Arab Saudi)

    “Posisi Kanada adalah pelanggaran berat dan tidak dapat diterima terhadap hukum dan prosedur Kerajaan. Selain itu, sikap Kanada telah merendahkan Pengadilan Arab Saudi dan pelanggaran terhadap prinsip kedaulatan,” tulis Al-Sudeiry, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (6/8/2018).

    Pemerintah Kanada secara terbuka telah mengkritik Arab Saudi yang menangkap dua aktivis perempuan pejuang Hak Asasi Manusia. Kanada menuntut Arab Saudi untuk segera membebaskan para aktivis tersebut.

    Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan kemarahan atas komentar yang dibuat oleh Kanada yang dinilai telah ikut campur dalam urusan internal Kerajaan Arab Saudi.

    “Pernyataan Kanada adalah penghinaan besar yang tidak dapat diterima oleh Kerajaan  dan membutuhkan sikap yang tegas terhadapnya untuk mencegah pihak manapun yang ingin mencoba mencampuri kedaulatan Arab Saudi,” tegas pernyataan Kemenlu Saudi.

    Arab Saudi kemudian mengusir duta besar Kanada dan membekukan semua kesepakatan perdagangan dengan negara tersebut. Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menyatakan Duta Besar Kanada diberi waktu tenggang 24 jam untuk meninggalkan Kerajaan. Arab Saudi juga telah memanggil Al-Sudeiry untuk kembali pulang ke Riyadh. (DH/MTD)

    Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
    Copyright © 1439 Hjr. (2018) – Moslemtoday.com

    comments

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here