Arab Saudi Terbitkan Peraturan Baru Untuk Tingkatkan Pelayanan Bagi Jamaah Haji dan Umrah

997
Muslim pilgrims pray around the holy Kaaba at the Grand Mosque ahead of the annual haj pilgrimage in Mecca September 21, 2015. REUTERS/Ahmad Masood - RTS24DP

Join @Moslemtodaycom Channel on Telegram

Moslemtoday.com : Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menerbitkan seperangkat peraturan baru untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan perlindungan bagi jamaah Haji dan Umrah.

Sebuah dokumen yang diunggah di situs kementerian itu mengatakan, mereka akan memberikan perlindungan lebih terhadap hak-hak jamaah melalui komite pengawasan dan pusat komunikasi untuk menerima keluhan dan lain sebagainya.

Kementerian itu mengatakan, hal itu menjamin hak-hak jamaah dengan melakukan pemantauan dan komitmen dari penyedia jasa dan layanan kontrak seperti akomodasi, makanan dan transportasi. Hal ini dikarenakan adanya keluhan jamaah terhadap penyedia jasa dan Komite Khusus yang menangani hal itu telah yang memberikan hukuman terhadap para pelanggar.

“Sebuah perusahaan jasa Umrah dan Haji yang menyediakan layanan dibawah standar akan dijatuhi hukuman, mulai dari didenda, skorsing atau lebih dan/atau lisensinya dicabut,” kata kementerian itu, seperti dilansir Al Arabiya, Ahad, (9/1/2017).

Berdasarkan peraturan baru itu jamaah Umrah harus diberikan jaminan keselamatan dan kenyamanan saat melakukan ibadah mereka dengan jaminan adanya transportasi, pengiriman barang-barang, konfirmasi pemesanan tiket pesawat, tiket pesawat alternatif dalam kasus yang asli hilang oleh pihak perusahaan penyelenggara layanan.

Hak-hak jamaah haji termasuk keamanan dan kenyamanan, implementasi penuh dari kewajiban kontrak dengan perusahaan jasa yang menyediakan, jaminan keuangan terhadap perusahaan untuk memastikan mereka menghormati kontrak mereka, representasi di pengadilan bila perusahaan keberatan dengan kompensasi finansial.

Sumber : Al-Arabiya | Weblink : https://english.alarabiya.net/en/News/gulf/2017/01/08/New-rules-protect-pilgrims-rights.html

comments