Arab Saudi : Tidak Akan Ada Negosiasi Mengenai Daftar Tuntutan Arab Terhadap Qatar

1833

Moslemtoday.com : Menteri Luar Negeri Saudi, Sheikh Adel al-Jubeir mengatakan tidak akan ada negosiasi mengenai daftar tuntutan yang dikeluarkan negara-negara Arab terhadap Qatar untuk mengakhiri krisis diplomatik Arab-Qatar yang sudah berlangsung sejak 3 pekan lalu.

Pernyataan Al-Jubeir keluar ketika ditanya oleh wartawan saat melakukan kunjungan ke Washington DC, “Apakah tuntutan tersebut tidak dapat dinegosiasikan?, Al-Jubeir menjawab: “Ya.” (Baca juga : Qatar : Tuntutan Saudi Tidak Dapat Diterima, Tidak Didukung Oleh Bukti)

“Kami membuat keputusan kami, kami menbuat kebijakan kami dan terserah kepada Qatar untuk mengubah perilakunya atau tidak, dan ketika mereka melakukan itu, semua ini akan berhasil, tetapi jika mereka tetap menolak, mereka akan tetap terisolasi,” tegas Al-Jubeir.

Menlu Al Jubier juga menegaskan Jika Qatar ingin kembali ke Dewan Kerjasama Teluk, Qatar tahu apa yang harus mereka lakukan. “Jika Qatar ingin kembali ke Dewan Kerjasama Teluk, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan,” ungkap Al Juberi.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada 5 Juni 2017. Keempat negara itu kemudian memberlakukan blokade ekonomi dan penutupan jalur penerbangan ke Qatar dan kemudian mengajukan 13 daftar tuntutan terhadap Qatar sebagai syarat untuk pencabutan blokade. (DH/MTD)

Sumber : Middle East Eye | Al Jazeera | Al Arabiya

comments

2 COMMENTS

  1. […] Komentar Menlu Qatar ini disampaikan setelah bertemu Menlu AS Rex Tillerson, sebagaimana dirilis Al Jazeera, Rabu, (28/6/2017). Komentar ini juga sebagai respons atas pernyataan Menlu Saudi Adel al-Jubeir bahwa tuntutan itu sudah final dan tidak akan ada negosiasi soal tuntutan tersebut terhadap Qatar. (Baca juga : Arab Saudi : Tidak Akan Ada Negosiasi Mengenai Daftar Tuntutan Arab Terhadap Qatar) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here