Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Mesir Boikot Pertemuan Parlemen Internasional di Qatar

360

Moslemtoday.com : Empat negara Arab (Arab Saudi, UEA, Bahrain dan Qatar) memboikot pertemuan parlemen internasional yang akan diselenggarakan pada 6 April sampai 10 April 2019 di Doha, Qatar.

“Kami tidak akan menghadiri pertemuan internasional para anggota parlemen karena akan diselenggarakan di Doha pada hari Sabtu. Hal ini karena Qatar belum mengubah sikap terkait pemutusan hubungan diplomatik sejak dua tahun lalu,” bunyi pernyataan empat negara Arab tersebut, seperti dilansir dari Al Arabiya.

“Qatar belum menanggapi tuntutan kami dan terus mendukung kebijakan ekstremisme, terorisme, dan campur tangan dalam urusan negara-negara di kawasan ini,” tambah pernyataan tersebut.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan diplomatik, transportasi dan perdagangan dengan Qatar sejak awal Juni 2017. Mereka menyebut Qatar telah mendukung terorisme dan musuh regional mereka di Timur Tengah, Iran. Namun Qatar membantah tuduhan tersebut..

Dikutip dari Wikipedia, IPU (Inter-Parliamentary Union) adalah organisasi internasional yang didirikan pada 1889. Organisasi ini merupakan forum internasional permanen pertama yang membidangi negosiasi politik antar-negara. Pada awal terbentuknya, organisasi ini beranggotakan anggota parlemen secara perorangan, namun selanjutnya berubah menjadi organisasi yang beranggotakan parlemen secara kenegaraan.

Sejumlah parlemen dari 157 negara merupakan anggota dari IPU, dan terdapat sembilan anggota yang berstatus sebagai associate member. (DH/MTD)

Sumber : Al Arabiya | Redaktur : Hermanto Deli
Copyright © 1440 Hjr. (2019) – Moslemtoday.com

comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here